4 Ton Ganja Ditemukan Dalam Kargo Cabai

CNN Indonesia | Senin, 19/08/2019 19:11 WIB
4 Ton Ganja Ditemukan Dalam Kargo Cabai Ilustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Otoritas bea cukai Amerika Serikat (CBP) menyita ganja seberat hampir empat ton yang diselundupkan truk pengirim cabai paprika jalapeno di perbatasan dengan Meksiko, Minggu (18/8).

Petugas CBP menemukan 314 paket ganja seberat 3,4 ton yang tersembunyi di sebuah kargo. Ganja-ganja itu ditaruh di antara cabai-cabai jalapeno yang diangkut.


Petugas CBP menuturkan kargo tersebut ditarik oleh sebuah traktor yang dikendarai oleh seorang pria Meksiko berusia 37 tahun.


Ganja-ganja senilai US$2,3 juta atau setara Rp32,7 miliar itu ditemukan oleh anjing pelacak yang mengendus kargo tersebut saat diperiksa di perbatasan AS di San Diego.

Dalam manifes, kargo itu disebut berisikan cabai jalapeno. Tapi ternyata, pria itu turut menyelundupkan ganja di dalam kargonya tersebut.

[Gambas:Video CNN]

"Saya bangga dengan para petugas karena berhasil menyita muatan ganja yang signifikan ini," kata Direktur Pelabuhan Otay Mesa, Rosa Hernandez.

Ini adalah temuan ganja terbesar kedua di pelabuhan itu dalam beberapa hari terakhir.


Dikutip AFP, petugas pelabuhan menyita 5,2 ton narkoba dalam sebuah kargo pengiriman suku cadang mobil plastik pada awal pekan lalu.

Berdasarkan data, CBP sendiri telah menyita 113 ton ganja sepanjang 2019, bersama dengan 41 ton kokain, dan 27 ton metamfetamin.


Pada Juli lalu pihak berwenang menyita hampir 20 ton kokain dari sebuah kapal di pelabuhan Philadelphia. (rds/dea)