Bus Rem Blong dan Masuk Jurang, 13 Wisatawan China Tewas

CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 13:58 WIB
Bus Rem Blong dan Masuk Jurang, 13 Wisatawan China Tewas Ilustrasi. (Istockphoto/rvimages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 13 wisatawan asal China tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam kecelakaan bus di Laos.

Berdasarkan keterangan polisi, bus yang membawa lebih dari 40 turis tersebut berangkat menuju Luang Prabang, Senin (19/8).


Namun di tengah perjalanan bus tergelincir dan jatuh ke dalam jurang sedalam 30 meter. Polisi menduga kecelakaan terjadi akibat rem blong.


 "Saat ini 13 jenazah sudah ditemukan dan dua lainnya masih hilang. Sedangkan 31 orang menjalani perawatan medis," ujar jubir kepolisian Xaiyaphon Chivatong kepada AFP.

[Gambas:Video CNN]

Media pemerintahan China menunjukkan foto-foto penyelamatan di mana para petugas harus berhadapan dengan banjir.

Angka kecelakaan lalu lintas Laos, Thailand, Kamboja, dan Myanmar memang terbilang tinggi. Umumnya kecelakaan terjadi akibat dari pengabaian aturan keselamatan dan lemahnya penegakan undang-undang.


Musim hujan yang terjadi sejak Juni menyebabkan sejumlah jalan di pedesaan tergenang air. Hujan deras juga membuat jalan menjadi licin.

Media asal China Xinhua menulis bahwa Kedutaan China di Laos dan konsulat jenderal di Luang Prabang telah memberikan imbauan berkendara di musim hujan, terutama untuk wilayah pegunungan, serta melakukan pengecekan sebelum perjalanan.


Menurut laporan Vientiane Times beberapa tahun terakhir ini industri pariwisata di Laos mengalami peningkatan dan kedatangan turis asal China naik 13 persen pada awal tahun 2019. (fls/dea)