Bola Mata Bocah Juling Akibat Terlalu Lama Bermain Ponsel

CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 02:25 WIB
Bola Mata Bocah Juling Akibat Terlalu Lama Bermain Ponsel Ilustrasi ponsel. (Freestocks)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berhati-hatilah jika anak Anda terlampau lama bermain ponsel. Sebab seorang anak di Hefei, China mengalami kerusakan mata, yakni mengalami juling, akibat terlalu sering bermain ponsel.

Dilansir asiaone, Rabu (21/8), peristiwa ini terjadi pada liburan musim panas di China. Menurut pengakuan sang ayah, anak lelakinya selalu menghabiskan waktu hingga 10 jam sehari untuk bermain ponsel.
Sang ayah sudah memperingatkan kebiasaan itu tidak baik dan berulang kali memarahi anaknya. Namun, ketika sang ayah pergi, anak itu kembali terpaku pada ponsel.

Setelah beberapa lama, sang ayah menyadari ternyata bola mata anak lelakinya tidak normal (juling). Dia lantas membawa sang anak ke dokter.


Dokter yang bernama Su lantas menyatakan kecil kemungkinan bola mata sang anak bisa kembali normal. Dia meminta orang tua melarang sang anak bermain ponsel selama tiga sampai enam bulan.
Jika tidak ada perubahan, maka terpaksa harus dioperasi.

Menurut dr. Su, otot mata pada anak-anak sangat rentan karena dalam masa perkembangan. Otot itu akan mengalami gangguan jika dipaksa menatap layar elektronik pada jarak dekat dalam jangka waktu yang lama.

Gangguan yang terjadi bisa berupa rabun jauh (miopi) atau juling. Namun, di sisi lain sang anak sepertinya terlihat kecanduan ponsel. Bahkan dia mengaku tidak bisa jauh-jauh dari ponsel saat dilarang dokter dalam masa pengobatan.

[Gambas:Video CNN] (ayp/ayp)