FOTO: Protes Hong Kong Lewat Gurat Tinta Tato

AFP, CNN Indonesia | Minggu, 25/08/2019 18:41 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Beragam cara dilakukan para demonstran untuk mendukung Hong Kong dan menolak rencana ekstradisi ke China. Salah satunya dengan cara merajah tubuh alias tato.

Beragam cara dilakukan para demonstran untuk mendukung Hong Kong dan menolak rencana ekstradisi dari China. Kini, melalui tato. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP) 
Beragam bentuk jadi pilihan para pendukung Hong Kong, salah satunya adalah masker gas yang menjadi simbol perlawanan dalam kericuhan yang terjadi beberapa pekan terakhir. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)
Bukan hanya masker gas, kaligrafi Mandarin juga menjadi pilihan menyuarakan kebebasan yang dimimpikan masyarakat Hong Kong.  (Lillian SUWANRUMPHA / AFP) 
Salah satu bentuk yang jadi favorit adalah bunga Bauhinia yang menjadi simbol Hong Kong. Namun bintang yang merujuk pada China pada logo resmi dihilangkan oleh para perajah sebagai bentuk dukungan untuk Hong Kong. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP) 
Rangkaian demonstrasi ini sudah bermula sejak dua bulan lalu. Awalnya, para demonstran menuntut pemerintah membatalkan pembahasan rancangan undang-undang ekstradisi yang memungkinkan tersangka satu kasus diadili di negara lain, termasuk China. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)
Para demonstran tak terima karena menganggap sistem peradilan di China kerap kali bias, terutama jika berkaitan dengan Hong Kong sebagai wilayah otonom yang masih dianggap bagian dari daerah kedaulatan Beijing. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP) 
Berawal dari penolakan rancangan undang-undang ekstradisi, demonstrasi itu pun berkembang dengan tuntutan untuk membebaskan diri dari China. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)
Demonstrasi yang sudah memasuki pekan ke-11 dan sebagian besar unjuk rasa berujung ricuh hingga aparat harus menembakkan gas air mata dan melemparkan granat untuk memecah massa. (Lillian SUWANRUMPHA / AFP)