Trump Sebut Melania Mengenal Kim Jong-un Walau Belum Bertemu

CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 20:20 WIB
Trump Sebut Melania Mengenal Kim Jong-un Walau Belum Bertemu Melania Trump memang belum pernah bertemu Kim Jong-un, tapi Presiden Donald Trump menyebut istrinya sudah mengenal baik pemimpin tertinggi Korea Utara tersebut. (Reuters/Jonathan Ernst)
Jakarta, CNN Indonesia -- Melania Trump memang belum pernah bertemu Kim Jong-un, tapi Presiden Donald Trump menyebut istrinya sudah mengenal baik pemimpin tertinggi Korea Utara tersebut.

"Ibu negara sudah mengenal Kim Jong-un dan saya rasa dia setuju dengan saya bahwa beliau [Kim] adalah pria dengan negara yang berpotensi tinggi," ujar Trump dalam konferensi pers di sela konferensi G7 di Perancis, Senin (26/8).
Melania sendiri hanya melihat dari kejauhan saat Trump melontarkan klaim itu di hadapan forum internasional.

Tak lama setelahnya, juru bicara Gedung Putih, Stephanie Grisham, memberikan klarifikasi bahwa Melania belum pernah bertemu dengan Kim Jong-un.


"Trump membicarakan banyak rahasia dengan istrinya, termasuk elemen hubungan kuatnya dengan Kim, dan walau ibu negara belum bertemu dengannya [Kim], presiden merasa dia [Melania] sudah mengenalnya [Kim] juga," ucap Grisham sebagaimana dikutip Reuters.
Selama ini, Melania memang tidak pernah mendampingi Trump saat sang presiden AS bertemu dengan Kim, baik itu waktu di Singapura, Hanoi, maupun di perbatasan Korea Selatan dan Korea Utara.

Trump dan Kim sendiri menjalin hubungan erat meski perundingan denuklirisasi di Semenanjung Korea mandek.

[Gambas:Video CNN]

Usai tatap muka ketiga mereka di perbatasan Korea, Trump terus mengatakan bahwa Kim sepakat untuk melanjutkan perundingan.

Namun, pembicaraan itu tak kunjung terwujud. Korut malah melakukan sejumlah uji coba rudal sebagai respons atas latihan militer gabungan antara AS dan Korsel. (has/has)