26 Orang Tewas dalam Serangan Bar Meksiko

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 01:37 WIB
Sebanyak 26 orang dilaporkan tewas dalam serangan yang terjadi di sebuah bar Meksiko. Kepolisian mengaitkan serangan dengan kartel narkoba. Ilustrasi. Sebanyak 25 orang dilaporkan tewas dalam serangan yang terjadi di sebuah bar Meksiko. (Istockphoto/Katarzyna Bialasiewicz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 26 orang dilaporkan tewas dalam serangan yang terjadi di sebuah bar di kota pelabuhan Coatzacoalcos, Veracruz, Meksiko, pada Selasa malam waktu setempat. Korban tewas dalam kebakaran yang dilakukan secara sengaja oleh sekelompok orang tak dikenal.

"Para pelaku masuk, menutup pintu, dan membakar tempat itu," ujar Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, melansir Associated Press, Rabu (28/8).

Pihak kepolisian setempat mengaitkan serangan yang menyerang bar Caballo Blanco itu dengan kartel narkoba.


Gubernur Veracruz Cuitlahuac Garcia mengatakan, pihak kepolisian telah mengidentifikasi tersangka utama serangan tersebut. Tersangka utama diketahui sebagai seseorang yang dikenal dengan nama 'La Loca'.

Garcia mengatakan bahwa La Loca dikenal sebagai anggota salah satu kartel narkoba. La Loca pernah ditangkap oleh pasukan marinir setempat pada Juli lalu. Namun, kemudian dia dibebaskan setelah diserahkan kepada kejaksaan.

Serangan terjadi hampir delapan tahun setelah kebakaran besar melanda sebuah kasino di Monterrey yang menewaskan 52 orang di antaranya. Kartel narkoba Zetas bertanggung jawab dalam serangan tersebut.

Kartel Zetas kini telah terpecah belah. Zetas juga diketahui aktif di Coatzacoalcos.

Serangan tersebut, ditambah dengan pembunuhan 19 orang di Uruapan pada awal tahun ini, menambah kekhawatiran masyarakat terhadap bangkitnya kekerasan perang narkoba yang merajalela sepanjang 2006-2012.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)