Presiden Meksiko Mengaku Kerap 'Diintip' Kamera Pengintai

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 04:12 WIB
Kamera pengintai itu memata-matai setiap gerak dan agenda rapat yang dilakoni Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador menemukan kamera pengintai yang memata-matainya. (Reuters/Goran Tomasevic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador dimata-matai oleh kamera pengintai misterius yang ada di kantornya. Kamera tersembunyi itu telah ditemukan di Kantor Kepresidenan Meksiko.

Lopez Obrador mengatakan bahwa kamera pengintai tersebut ditemukan di dalam ruang rapat yang biasa digunakan untuk pertemuan penting bersama dengan kabinet.

"Bayangkan saja, mereka sudah merekam kami di ruang rapat, di sini, di Istana," ujar Lopez Obrador, Kamis (29/8), melansir Reuters.


Lopez Obrador mengaku tak punya apa pun yang patut untuk dirahasiakan. "Apa yang kami bicarakan sepenuhnya legal, transparan, dan tak ada yang bisa digunakan untuk melawan kami," katanya.

Selama kampanye pemilihan presiden tahun 2018 lalu, Lopez Obrador mengaku bahwa dia dan keluarganya merupakan korban mata-mata.

Presiden sebelumnya, Enrique Pena Nieto menghadapi kritik tak berujung atas dugaan pengintaian yang dilakukan oleh negara. Banyak laporan yang diterbitkan menyebutkan bahwa para jurnalis, aktivis, dan politisi kerap diintai melalui kamera tersembunyi.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)