Operasi Hernia, Bolsonaro Bicara di KTT Amazon via Telepon

CNN Indonesia | Rabu, 04/09/2019 19:33 WIB
Operasi Hernia, Bolsonaro Bicara di KTT Amazon via Telepon Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, berencana melakukan panggilan video untuk berbicara di KTT Hutan Amazon. Ia tak bisa hadir karena harus operasi hernia. (Reuters/Adriano Machado)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, berencana melakukan panggilan video untuk berbicara di pertemuan tingkat tinggi soal Hutan Amazon di Kolombia pada Jumat pekan ini. Ia tidak bisa hadir karena harus menjalani operasi hernia di Sao Paolo

"Kami dijadwalkan mengadakan konferensi melalui panggilan video pada hari Jumat pukul 11.30 pagi waktu Brasil," kata juru bicara kepresidenan Brasil, Otavio Rego Barros, seperti dikutip AFP, Rabu (4/9).
Operasi tersebut merupakan yang keempat kalinya dijalani Bolsonaro sejak mengalami insiden penusukan saat kampanye tahun lalu.

Barros menuturkan Bolsonaro harus mulai persiapan operasi seperti diet cairan pada Jumat sehingga tidak mungkin melakukan perjalanan ke Kolombia. Dokter juga mengatakan Bolsonaro membutuhkan istirahat selama 10 hari setelah operasi.


Presiden Brasil itu terus menjadi perhatian internasional setelah kebakaran hutan Lembah Amazon mencapai yang terparah dalam sejarah pada tahun ini.
Bolsonaro dikritik lantaran lambat menyikapi kebakaran di hutan hujan tropis terbesar di dunia itu. Ia bahkan sempat menolak bantuan negara G7 akibat tersinggung dengan pernyataan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Pemerintahan Bolsonaro memang dikenal tidak pro-lingkungan. Di tangan Bolsonaro, Brasil secara terbuka berniat untuk mengembangkan wilayah Amazon untuk pertanian dan pertambangan.

[Gambas:Video CNN]

Awal pekan ini, Bolsonaro bersumpah akan mempertahankan kebijakan kontroversialnya terkait pembangunan di Amazon di depan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pertengahan bulan ini bahkan jika dia harus berbicara dari kursi roda.

Selama ini, pemimpin Brasil selalu menjadi yang pertama menyampaikan pidato di Majelis Umum PBB pada akhir September ini.

"Saya akan muncul di hadapan PBB bahkan di kursi roda, di atas tandu. Saya akan muncul karena saya ingin berbicara tentang Amazon," kata Bolsonaro. (rds/has)