Peta Badai Dorian ala Trump Dikritik karena Tak Akurat

CNN Indonesia | Kamis, 05/09/2019 16:22 WIB
Peta Badai Dorian ala Trump Dikritik karena Tak Akurat Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (REUTERS/Carlo Allegri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, kembali memancing perhatian masyarakat. Penyebabnya dia menunjukkan sebuah peta proyeksi jalur Badai Dorian yang diubah dengan spidol, untuk menambahkan negara bagian Alabama.

Peristiwa itu terjadi dalam sebuah presentasi di Ruang Oval, Gedung Putih, Washington.


Seperti dilansir Reuters, Kamis (5/9), Trump menunjukkan bagan cuaca resmi tertanggal 29 Agustus yang menunjukkan negara bagian mana saja yang kemungkinan dihantam badai, dalam sebuah kerucut yang disebut sebagai "kerucut ketidakpastian" oleh Pusat Badai Nasional (NHC).


Bagan tersebut juga memperlihatkan sebuah garis lengkung berwarna hitam ditambahkan di atas kerucut, yang menunjukkan risiko badai Dorian yang dapat berpindah dari Florida ke Alabama.

CNN melaporkan, Trump mengklaim bahwa bagan tersebut merupakan prakiraan asli, tetapi Gedung Putih merilis foto peta proyeksi yang mirip. Hanya saja foto tersebut tidak menunjukkan adanya dampak terhadap Alabama di dalamnya.

"Badai itu tidak hanya akan menghantam Florida, tetapi juga Georgia, itu bisa saja, itu menuju ke arah Teluk, itulah yang kami proyeksikan pada awalnya," kata Trump dalam sebuah video yang dirilis Gedung Putih, Rabu (4/9) kemarin.


Sampai saat ini, Badai Dorian tidak pernah diproyeksikan menuju Teluk Meksiko, yang terdapat sebagian wilayah garis pantai di Alabama.

Pihak pejabat Gedung Putih menyatakan bahwa peta tersebut bukan bagian dari presentasi awal, tetapi akhirnya digunakan selama presentasi berlangsung untuk menunjukkan seberapa buruk badai Dorian.

Seorang sumber yang berada di dalam lokasi tidak menyanggah bahwa Trump menggambar garis hitam di peta tersebut. Ia juga mengonfirmasi bahwa garis tersebut ditambahkan saat presentasi sebelum awak media datang.

Ketika Trump ditanyakan mengenai bagan yang digambar dengan spidol, ia berulangkali menyatakan ketidaktahuannya terhadap hal tersebut.

[Gambas:Video CNN]

Pada akhir pekan lalu, Trump mengklaim Alabama merupakan salah satu negara bagian yang terkena dampak badai. Namun Layanan Cuaca Nasional (NFS) membantah 20 menit setelah Trump menyampaikan pernyataan.

"Alabama TIDAK akan terkena dampak dari #Dorian. Kami ulangi, tidak ada dampak dari Badai #Dorian yang terasa di sepanjang wilayah Alabama. Ia akan tetap berada jauh ke arah timur," cuit Layanan Cuaca Nasional di Alabama. (fls/ayp)