Anak Bungsu Eks Presiden Mesir Meninggal Diduga Sakit Jantung

CNN Indonesia | Jumat, 06/09/2019 09:35 WIB
Anak Bungsu Eks Presiden Mesir Meninggal Diduga Sakit Jantung Abdullah Mursi, anak bungsu mendiang mantan presiden Mesir, Muhammad Mursi, dilaporkan meninggal diduga karena serangan jantung.(AP Photo/Brian Rohan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Abdullah Mursi, anak bungsu mendiang mantan presiden Mesir, Muhammad Mursi, dilaporkan meninggal di rumah sakit setempat pada Rabu (4/9) lalu. Lelaki berusia 25 tahun itu diduga mengalami serangan jantung ketika sedang mengendarai mobil di Ibu Kota Kairo.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (6/9), saat kejadian Abdullah tengah menyetir mobil ditemani seorang rekan. Dia lantas mengeluh tidak enak badan.
Abdullah kemudian dilarikan ke rumah sakit, tetapi meninggal tak lama setelah tiba. Dokter sampai saat ini tidak memberikan keterangan apapun soal penyebab kematian Abdullah.

Kematian Abdullah mengejutkan banyak anggota Ikhwanul Muslimin yang mengasingkan diri dari Mesir.


Aparat Mesir menahan Abdullah tahun lalu karena disangka menyebarkan berita bohong dan menyimpan barang-barang yang terkait dengan Ikhwanul Muslimin. Pemerintah Mesir menetapkan lembaga itu sebagai organisasi teroris.

Di tahun yang sama, kakak tertuanya, Usama Mursi, dijatuhi hukuman penjara selama 10 tahun. Dia dan beberapa orang lain divonis terbukti memicu kerusuhan dalam aksi unjuk rasa pro Mursi, yang dibubarkan paksa aparat dan menelan ratusan korban jiwa.
Sebelum sang ayah meninggal, Abdullah gencar mengkritik pemerintah Presiden Abdil Fattah al-Sisi. Dia menyatakan ayahnya menerima perlakuan sangat buruk ketika berada di dalam penjara.

Mendiang Muhammad Mursi berkuasa di Mesir sejak 30 Juni 2012 sampai 3 Juli 2013. Kekuasaannya berakhir ketika Al-Sisi yang saat itu menjadi panglima angkatan bersenjata melakukan kudeta.

Ketika memerintah, Mursi dituduh memaksakan agenda politik Ikhwanul Muslimin dan menekan oposisi. Dia kemudian ditangkap dan dipenjara seumur hidup atas tuduhan mata-mata.

[Gambas:Video CNN]
Mursi lantas meninggal di penjara. Dia diduga sengaja dibiarkan sakit-sakitan dan tidak diurus oleh pemerintah Mesir. (ayp/ayp)