Eks Permaisuri Jepang Dioperasi Karena Idap Kanker Payudara

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 11:47 WIB
Eks Permaisuri Jepang Dioperasi Karena Idap Kanker Payudara Michiko (kanan) dan suaminya mantan Kaisar Jepang, Akihito. (REUTERS/Kimimasa Mayama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan permaisuri Jepang, Michiko, menjalani operasi setelah didiagnosa mengidap kanker payudara stadium awal. Kantor urusan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang menuturkan operasi berlangsung pada pada Minggu (8/9) pagi waktu setempat di Rumah Sakit Tokyo.

"Operasi berjalan lancar dan (Michiko) telah kembali ke kamar rawat inapnya," kata seorang pejabat kantor tersebut kepada AFP, Senin (9/9).


Sang suami yang merupakan mantan Kaisar Jepang, Akihito, bersama putri mereka, Sayako Kuroda, terlihat mendampingi Michiko sebelum operasi.


Sementara itu anak laki-laki mereka, Kaisar Naruhito hanya memberikan ucapan cepat sembuh bagi sang ibu lantaran tengah bertugas di utara Jepang.

Pejabat itu menuturkan informasi lanjutan terkait perkembangan kondisi Michiko akan diumumkan dalam waktu dekat. Namun, sejauh ini pejabat itu mengatakan dokter tidak melihat risiko penyebaran kanker pada tubuh Michiko.


Kantor penyiaran NHK melaporkan Michiko dijadwalkan bisa keluar dari rumah sakit dalam beberapa hari ke depan.

Akihito secara resmi turun takhta sebagai kaisar pada April lalu. Ia menjadi kaisar pertana yang menyerahkan takhta sejak 200 tahun terakhir.

Akihito dan Michiko dikenal dengan gaya mereka dalam mendobrak tradisi kekaisaran. Mereka dinilai berhasil mendekatkan kerajaan dengan rakyat.

[Gambas:Video CNN]

Akihito merupakan kaisar pertama yang menikahi warga sipil. Akihito dan Michiko kian dikenal publik internasional setelah turun langsung ke jalan menemui para korban gempa dan tsunami pada 2011 lalu di timur Jepang. (rds/ayp)