Topan Lingling Terjang Korut, 5 Orang Dilaporkan Tewas

CNN Indonesia | Senin, 09/09/2019 12:27 WIB
Topan Lingling Terjang Korut, 5 Orang Dilaporkan Tewas Ilustrasi dampak bencana di Korea Utara. (AFP PHOTO / UNICEF DPRK / Anil POKHREL)
Jakarta, CNN Indonesia -- Topan Lingling dilaporkan menerjang Korea Utara hingga menewaskan lima orang dan menghancurkan ratusan bangunan selama akhir pekan lalu. Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan fenomena alam yang dijuluki dengan Topan-13 itu menerjang sejak Sabtu sore.

"Berdasarkan data yang tersedia dari Komite Darurat Bencana Negara, lima orang tewas dan tiga lainnya terluka. Korban terluka saat ini telah dirawat di rumah sakit," bunyi laporan KCNA, Senin (9/9).


KCNA menuturkan lebih dari 460 rumah dan belasan bangunan publik rusak atau sebagian hancur akibat terjangan Topan Lingling.


Sebanyak 46.000 hektare ladang perkebunan atau seluas wilayah Andorra juga tersapu bersih oleh topan.

KCNA sebelumnya melaporkan bahwa Pemimpin Tertinggi Korut, Kim Jong-un, sempat memarahi sejumlah pejabatnya yang dianggap "santai-santai" dalam mengantisipasi Topan Lingling.

[Gambas:Video CNN]

Dalam suatu rapat darurat pada Jumat pekan lalu, Kim Jong-un disebut memarahi para pejabat karena dinilai tidak siap menghadapi Topan Lingling. Padahal, menurutnya, risiko bahaya yang datang dari Topan Lingling besar. (rds/ayp)