Teror Anjing Liar Melukai Puluhan Warga India

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 08:38 WIB
Teror Anjing Liar Melukai Puluhan Warga India Ilustrasi anjing liar. (Khaled DESOUKI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Puluhan orang di Kota Kolhapur, India, terpaksa dilarikan ke rumah sakit akibat digigit anjing liar yang dikhawatirkan terjangkit virus rabies. Korbannya bukan cuma orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Seperti dilansir Independent, Senin (9/9), menurut pejabat setempat sampai saat ini korban gigitan anjing liar di kota itu terdiri dari 21 lelaki, tujuh perempuan dan tiga bocah. Mereka dilarikan ke Rumah Sakit Umum Chhatrapati Pramila Raje untuk disuntik anti-rabies.


Menurut para saksi, anjing-anjing liar itu berkelompok dan berkeliaran di kota itu. Salah satu dari anjing itu keluar dari kelompok dan mengejar orang-orang yang sedang berjalan, kemudian menggigit mereka.


Sampai saat ini anjing-anjing yang menggigit warga itu diperkirakan masih berkeliaran. Menurut petugas sekaligus dokter hewan Kota Kolhapur, Vijay Patil, menyatakan mereka terus menangkap anjing-anjing liar.

[Gambas:Video CNN]

"Kami melakukan sterilisasi dan vaksinasi terhadap anjing-anjing itu. Namun, jika jumlah anjing di suatu daerah menurun, maka anjing dari desa akan berdatangan," ujar Vijay.

Diperkirakan sampai saat ini ada 35 juta anjing liar di seluruh India. Di samping itu, diperkirakan sekitar 20 ribu warga India meninggal akibat rabies setiap tahun. (ayp/ayp)