FOTO: Paus Fransiskus Jumpai Kawan Lama di Madagaskar

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 10:39 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus, melawat ke Madagaskar untuk menemui sahabat lamanya, Bapa Opeka, dan berkhotbah di hadapan warga miskin setempat.

Pemimpin Tahta Suci Vatikan, Paus Fransiskus, melawat ke Madagaskar pada Minggu (8/9) pekan lalu. (Photo by TIZIANA FABI / AFP)
Lawatan Paus Fransiskus menemui sahabat lama, Bapa Pedro Opeka (71), yang pernah menjadi muridnya di Sekolah Theologi Colegio Máximo de San Miguel di Buenos Aires, Argentina, pada 1968. (Photo by MARCO LONGARI / AFP)
Menurut Paus Fransiskus, Bapa Opeka berhasil mengangkat harkat dan martabat warga Madagaskar yang tadinya hidup dalam kondisi miskin. (Photo by MARCO LONGARI / AFP)
Bapa Opeka mendirikan rumah bagi 25 orang di Madagaskar. Selain itu, dia juga membantu mendirikan 100 sekolah, enam klinik, dan dua stadion sepakbola. (Photo by MARCO LONGARI / AFP)
Paus Fransiskus menganggap Opeka sebagai salah satu 'orang suci' yang setara Bunda Teresa. Bapa Opeka juga menjadi salah satu calon penerima Nobel di bidang perdamaian. (Photo by Tiziana FABI / AFP)
Paus Fransiskus menyempatkan berkunjung ke Desa Akamasoa, salah satu kampung di Madagaskar yang didirikan oleh Bapa Opeka di perbukitan Antananarivo untuk menampung warga miskin. (Photo by MARCO LONGARI / AFP)
Paus Fransiskus juga sempat membacakan doa di akhir kunjungannya di Madagaskar. (Photo by Tiziana FABI / AFP)
Sejumlah pengikut Bapa Opeka bahkan sampai menginap untuk menghadiri kunjungan Paus Fransiskus. (Photo by Mamyrael / AFP)
Paus Fransiskus menyatakan berkaca dari situasi Madagaskar, kemiskinan bukan cuma takdir tetapi juga disebabkan oleh ketidakpedulian para penguasa. (Photo by MARCO LONGARI / AFP)