Mantan Permaisuri Jepang Pulang Usai Operasi Kanker Payudara

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 16:48 WIB
Mantan Permaisuri Jepang Pulang Usai Operasi Kanker Payudara Ilustrasi mantan permaisuri Kekaisaran Jepang, Michiko. (REUTERS/Issei Kato)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan permaisuri Kekaisaran JepangMichiko (84), dilaporkan sudah diizinkan pulang selepas menjalani operasi kanker payudara. Dia kemarin menjalani bedah di Rumah Sakit Universitas Tokyo.

Menurut Badan Urusan Rumah Tangga Kekaisaran Jepang, kanker yang diidap Michiko dilaporkan belum menyebar. Namun, dia diminta untuk tetap rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memantau perkembangan penyakitnya.


Seperti dilansir Associated Press, Selasa (10/9), Michiko sempat memberi salam penghormatan kepada para dokter yang merawatnya sebelum meninggalkan rumah sakit. Dia menjalani proses operasi sejak Minggu pekan lalu.


Sang suami yang merupakan mantan Kaisar Jepang, Akihito, bersama putri mereka, Sayako Kuroda, terlihat mendampingi Michiko sebelum operasi.


Akihito secara resmi turun takhta sebagai kaisar pada April lalu. Ia menjadi kaisar pertama yang menyerahkan takhta sejak 200 tahun terakhir.

Akihito dan Michiko dikenal dengan gaya mereka dalam mendobrak tradisi kekaisaran. Mereka dinilai berhasil mendekatkan kerajaan dengan rakyat.

Keduanya juga membesarkan ketiga anak-anak mereka secara langsung, tanpa dibantu abdi dalem kekaisaran.

[Gambas:Video CNN]

Akihito merupakan kaisar pertama yang menikahi warga sipil. Akihito dan Michiko kian dikenal publik internasional setelah turun langsung ke jalan menemui para korban gempa dan tsunami pada 2011 lalu di timur Jepang. (ayp/ayp)