AS dan Inggris Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Habibie

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 08:58 WIB
AS dan Inggris Sampaikan Belasungkawa atas Kepergian Habibie Sejumlah negara sahabat menyampaikan belasungkawa atas kepergian presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, pada Rabu (11/9), termasuk AS dan Inggris. (AFP Photo/Adek Berry)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah negara sahabat menyampaikan belasungkawa atas kepergian presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, pada Rabu (11/9), termasuk Amerika Serikat dan Inggris.

"Pemerintah dan rakyat Amerika turut berdukacita atas meninggalnya mantan Presiden RI #BJHabibie. Doa kami menyertai seluruh keluarga yang ditinggalkan," demikian pernyataan Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan, melalui akun Twitter kedubes.




Masih melalui Twitter, Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia juga turut berduka cita setelah Habibie dinyatakan meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.05 WIB.

"Turut berduka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Doa kami menyertai keluarga dan seluruh bangsa Indonesia," tulis Kedubes Inggris.



Kicauan itu kemudian dibalas oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins, yang berkata, "Belasungkawa saya untuk keluarganya dan bangsa Indonesia atas kematian presiden ketiga Indonesia. Seorang negarawan dan seorang teman bagi Inggris. Dia akan dirindukan."

Di kawasan Asia Pasifik, ucapan belasungkawa juga datang dari Perdana Menteri Australia, Scott Morrison, yang melansir pernyataannya melalui Twitter.

"Duka mendalam atas kepergian presiden ketiga Indonesia, BJ Habibie. Dia memimpin Republik Indonesia pada masa perubahan besar. Keberanian dan visinya selama periode reformasi sangat diapresiasi di Australia," kicau Morrison.



Sementara itu, dukacita juga dirasakan oleh sejumlah pemimpin negara Asia Tenggara, terutama Malaysia. Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, juga melansir pernyataan dukanya melalui Twitter.

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya kepergiannya satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas Rohnya. Al Fatihah," kata Mahathir.



Selain Mahathir, Anwar Ibrahim selaku pemimpin partai terbesar dalam partai penguasa Malaysia, Parti Keadilan Rakyat (PKR), juga mengutarakan dukacitanya. Melalui pernyataannya di jejaring sosial, Anwar menyebut Habibie bak keluarganya sendiri.

"BJ Habibie seorang individu yang saya anggap sebagai keluarga dan (beliau) sangat prihatin tentang derita yang saya lalui semasa saya selesai operasi, bebas dari penjara," kata Anwar.

Anwar memang dikenal menjalin hubungan erat dengan Habibie. Tokoh reformasi Malaysia itu mengaku belajar banyak dari Habibie sebagai orang yang memimpin Indonesia di masa transisi dari Orde Baru menuju Reformasi. (has/has)