FOTO: Kenangan Pahit AS dalam Tragedi 9/11

AP & AFP, CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 17:14 WIB

, CNN Indonesia -- Tragedi 11 September menjadi kenangan pahit bagi seluruh warga AS. Ribuan nyawa melayang akibat serangan kelompok Al Qaidah.

Warga Amerika Serikat memperingati 18 tahun tragedi 9/11 di sejumlah tempat. Di Gedung Kemenhan AS (Pentagon) juga digelar upacara dan mengheningkan cipta. (AP Photo/Evan Vucci)
Upacara peringatan tragedi 9/11 juga dilakukan di Monumen Penerbangan 93 di Shanksville, Pennsylvania. Di monumen itu terpampang nama 40 korban pesawat United Airlines yang dibajak teroris dan jatuh. (AP Photo/Gene J. Puskar)
Presiden AS Donald Trump and Ibu Negara Melania Trump ikut menghadiri upacara peringatan tragedi 9/11 di Pentagon. (AP Photo/Evan Vucci)
Insiden itu menjadi serangan teroris terbesar yang terjadi di AS dalam sejarah, dan juga merupakan penyelidikan terbesar yang pernah dilakukan Biro Investigasi Federal AS (FBI). (Mark Wilson/Getty Images/AFP)
Setidaknya 2.753 orang tewas ketika pesawat American Airlines Flight 11 dan United Airlines Flight 175 menabrak Gedung WTC di kawasan Manhattan. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)
Pesawat pertama menabrak menara WTC utara sekitar pukul 08.46 waktu lokal, sementara itu pesawat kedua menabrak gedung selatan WTC 17 menit setelahnya. (AP Photo/Mark Lennihan)
Instalasi cahaya 'Tribute in Light' menyinari langit Manhattan untuk memperingati 18 tahun tragedi 9/11 di New York, (10/9) waktu setempat. (Photo by Don Emmert / AFP)
Aparat penegak hukum AS memperkirakan para teroris menghimpun uang hingga US$500 ribu atau Rp7,02 miliar untuk melancarkan serangan 9/11. (Photo by Johannes EISELE / AFP)
Kelompok Al Qaidah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. Hal ini menjadi landasan Presiden AS George Bush Jr., menyerbu Afghanistan yang disebut menjadi lokasi persembunyian mendiang pemimpin Al Qaidah, Osamah bin Laden. (AP Photo/Patrick Semansky)