China Buat Kapal Perang Thailand, Armada Terbesar untuk Asing

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 05:52 WIB
China Buat Kapal Perang Thailand, Armada Terbesar untuk Asing Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Kuwadi Dan Budi Candra)
Jakarta, CNN Indonesia -- China dilaporkan bakal membangun kapal perang untuk angkatan laut Thailand dan menjadikannya armada militer terbesar yang pernah dibuat Negeri Tirai Bambu bagi negara asing.

Laporan ini terkuak setelah perusahaan pembuat kapal milik pemerintah China, CSSC, menyatakan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan Angkatan Laut Kerajaan Thailand (RTN) untuk membangun dan menjual kapal Tipe 071E.
Berdasarkan pernyataan CSSC yang dikutip China Daily, Senin (16/9), perusahaan itu menyatakan bahwa ini merupakan kali pertama China menjual kapal sebesar itu ke negara asing.

CSSC mengklaim kesepakatan ini sebagai pencapaian besar dalam kerja sama strategis kedua negara. Mereka pun berjanji bakal memperkuat kolaborasi penjualan senjata demi memperkuat perdamaian dan stabilitas kawasan.


Namun, mereka tak menjabarkan lebih lanjut spesifikasi kapal tersebut. Mereka juga tak mengungkap waktu pembuatan dan pengiriman Tipe 071E.
Merujuk pada informasi dari CSSC, Tipe 071 merupakan kapal terbesar China yang diperkuat dengan sistem persenjataan mutakhir. Kapal sepanjang 210 meter dan lebar 28 meter ini dapat mengangkut hingga 25 ribu metrik ton.

Dengan membawa segala kecanggihan tersebut, Tipe 071 dapat berlayar lebih dari 18.500 kilometer dalam sekali perjalanan.

Menurut seorang sumber dari CSSC, Tipe 071E secara spesifik lebih baik ketimbang jenis 071 lainnya. Dengan demikian, Tipe 071E digadang-gadang bakal menjadi kapal perang terbesar di Asia Tenggara. (has/has)