Respons Kim Jong-un, Trump Sebut Belum Tepat Kunjungi Korut

CNN Indonesia | Selasa, 17/09/2019 08:24 WIB
Respons Kim Jong-un, Trump Sebut Belum Tepat Kunjungi Korut Presiden AS Donald Trump saat bertemu pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un di DMZ. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengunjungi Korea Utara.

Hal itu disampaikan Trump merespons undangan pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un untuk mengunjungi Pyongyang. "Saya kira kita tidak siap untuk itu," kata Trump dikutip AFP, Selasa (17/9).


Meski demikian, Trump mengaku akan melihat kemungkinan pertemuan itu di masa mendatang. "Saya pikir kita masih punya kesempatan untuk pergi. Hubungannya sangat baik."


Kata Trump, saat ini bukan waktu yang tidak tepat untuk berkunjung ke Pyongyang.

"Saya akan melakukannya di suatu waktu, di suatu waktu nanti," katanya. "Dan tergantung pada apa yang terjadi, aku yakin dia akan senang datang ke Amerika Serikat juga."

[Gambas:Video CNN]

Kim mengundang Trump untuk mengunjungi Pyongyang lewat sepucuk surat yang dikirim bulan lalu. Surat tersebut merupakan kali kedua dikirimkan Kim.

Sebelumnya Trump mengatakan pada 9 Agustus telah menerima "surat yang sangat indah" setebal tiga halaman dari Kim. Saat itu dia mengaku bisa bertemu dengan pemimpin Korut tersebut.


Dalam surat kedua ini, Kim mengungkapkan kesediaannya untuk kembali menggelar pertemuan tingkat tinggi dengan Trump.

Trump dan Kim terakhir bertemu di Zona Demiliterisasi (DMZ) pada Juni kemarin. Mereka sepakat untuk melanjutkan kembali pembicaraan nuklir yang mengalami kebuntuan setelah pertemuan di Vietnam pada Februari berakhir tanpa hasil.

Pekan lalu Pyongyang menawarkan untuk mengadakan pembicaraan itu di akhir September, sebuah langkah yang dianggap AS "membesarkan hati."


Akan tetapi, beberapa jam kemudian, Pyongyang kembali melakukan serangkaian tes senjata terbaru. (dea)