FOTO : Suara Dari Penjuru Dunia Ingatkan Perubahan Iklim

AP & AFP, CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 20:41 WIB

, CNN Indonesia -- Hari ini, Jumat (20/9), penduduk di berbagai negara melakukan aksi demo perubahan iklim. Gerakan itu digagas oleh aktivis cilik, Greta Thunberg.

Sejumlah penduduk di berbagai negara hari ini secara serentak Jumat (20/9) menggelar demonstrasi global terkait perubahan iklim. (Photo by PETER PARKS / AFP)
Pemerintah Kota New York mengizinkan sekitar 1,1 juta pelajar untuk bolos sekolah demi mengikuti demonstrasi global terkait perubahan iklim. (AP Photo/Rick Rycroft)
Aksi itu dilakukan menjelang KTT Perubahan Iklim yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). (Photo by PETER PARKS / AFP)
Aksi protes global perubahan iklim di New York ini merupakan bagian dari gerakan Global Climate Strike yang diselenggarakan selama 20-27 September mendatang di seluruh dunia. (Photo by SONNY TUMBELAKA / AFP)
Gerakan ini pertama kali terinspirasi dari seorang pelajar sekaligus aktivis cilik asal Swedia, Greta Thunberg. Ia mulai menggelar
Pada Mei lalu, sebanyak 1,4 juta anak-anak di seluruh dunia melakukan hal serupa Thunberg sebagai bentuk solidaritas. (AP Photo/Petr David Josek)
Kali ini, Global Climate Strike tak hanya diikuti oleh anak-anak dan pelajar. Para pegiat yang bergabung juga mendorong orang dewasa untuk ikut berdemo. (AP Photo/Petr David Josek)
Gerakan ini juga didukung oleh sejumlah organisasi lingkungan lain seperti Fridays for Future, Zero Hour, National Children's Campaign, OneMillionOfUs, 350.org, dan beberapa lainnya. (AP Photo/Bullit Marquez)
Pergerakan Thunberg kian besar, sampai-sampai ia diundang menjadi salah satu pembicara dalam Pertemuan Tingkat Tinggi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 23 September mendatang. (AP Photo/Thanis Sudto)