37 Orang Terluka Akibat Gempa di Albania

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 15:55 WIB
37 Orang Terluka Akibat Gempa di Albania Ilustrasi gempa. (REUTERS/David McNew).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sedikitnya 37 orang terluka akibat gempa berkekuatan 5,6 yang mengguncang Albania pada Sabtu (21/9) waktu setempat.

Menurut survei geologi, gempa melanda sepanjang pantai tengah Albania di dekat kota pelabuhan Durres, sekitar 35 kilometer sebelah barat ibu kota Tirana.

Mengutip CNN.com, Minggu (22/9), radio dan televisi lokal setempat menyebut rumah sakit trauma di Tirana melaporkan 37 orang menjadi korban luka-luka dan dalam perawatan.

Perdana Menteri Albania Edi Rama, yang berencana terbang ke New York, AS, segera membatalkan perjalanannya sesaat setelah mendengar kabar tersebut. Ia berharap kembali ke Albania dari Frankfurt, tempatnya berada saat mendengar kabar itu.

Mengutip kantor berita AP, gempa bumi di sebelah barat Albania telah merusak sejumlah bangunan. Warga berhamburan berlari keluar rumah. Laporan awal mengukur gempa itu sebesar magnitudo 5,8. Namun, belakangan, kekuatannya dikoreksi menjadi 5,6.

Menteri Kesehatan Albania Ogerta Manastirliu menyebut gempa yang terjadi pada pukul 02.04 waktu setempat itu membuat 68 orang terluka.

Foto-foto yang dilansir menunjukkan mobil-mobil yang hancur menjadi puing di ibu kota negara tersebut. Listrik juga padam akibat bencana alam ini.

Gempa susulan terjadi dengan kekuatan magnitudo 5,3. "Semua tetangga kami keluar menjerit. Bersyukur karena itu tidak berlangsung lama, sekitar 20 detik. Itu adalah mimpi buruk di lantai 10. Saya tidak ingat yang lebih kuat dari ini," kata salah seorang penduduk kepada Reuters.
[Gambas:Video CNN]


(bir)