Diduga Drone Melintas, Penerbangan di Bandara Dubai Terganggu

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 10:50 WIB
Diduga Drone Melintas, Penerbangan di Bandara Dubai Terganggu Ilustrasi bandara. (REUTERS/Toby Melvill)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penerbangan di Bandara Internasional Dubai sempat terganggu akibat dugaan aktivitas drone, Minggu (22/9).

Dikutip AFP, dua pesawat yang hendak mendarat di salah satu bandara tersibuk di dunia itu terpaksa dialihkan. Pesawat itu dilaporkan mendarat di bandara kecil, Sharjah.


"Bandara Dubai dapat mengkonfirmasi bahwa kedatangan penerbangan sempat terganggu mulai pukul 12.36 hingga 12.51 waktu setempat karena dugaan aktivitas drone," kata seorang juru bicara dalam sebuah pernyataan.


Belakangan ini Bandara Internasional Dubai sudah beberapa kali diganggu pesawat nirawak, dan insiden terakhir terjadi pada Februari.

[Gambas:Video CNN]

Namun, gangguan terbaru ini terjadi setelah pesawat nirawak menyerang kilang minyak terbesar milik Arab Saudi, dua pekan lalu.

Pemberontak Houthi di Yaman yang disokong Iran pekan lalu mengancam akan menyerang puluhan sasaran di Uni Emirat Arab, termasuk Dubai dan Abu Dhabi.


Mereka juga mengaku berada di balik serangan drone yang menghancurkan kilang minyak Arab Saudi itu. Namun Washington dan Riyadh menolak klaim tersebut dan menuding Iran sebagai pelaku serangan.

UEA merupakan bagian dari koalisi yang dipimpin Saudi dalam memerangi Houthi di Yaman. Konflik yang telah berlangsung sejak 2015 itu tak kunjung selesai, dan bahkan telah menghancurkan negara tersebut.


Houthi di masa lalu pernah mengklaim menyerang Dubai dan bandara Abu Dhabi dengan pesawat tak berawak, namun Uni Emirat membantah keras insiden tersebut. (dea)