Kabut Asap RI Capai Phuket, Thailand Imbau Warga Pakai Masker

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 14:40 WIB
Kabut Asap RI Capai Phuket, Thailand Imbau Warga Pakai Masker Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Indonesia mulai menyelimuti kawasan wisata terkenal di Thailand, Phuket, hingga kualitas udara mencapai tingkat tidak sehat. Pemerintah pun mengimbau warga mengenakan masker jika keluar ruangan.

"Kabut asap melingkupi Phuket setiap tahun akibat kebakaran lahan di Indonesia. Tahun ini merupakan yang terparah karena tidak ada hujan," ujar seorang Charn Jindachote, pejabat Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Phuket.
Charn melontarkan imbauan ini setelah Indeks Kualitas Udara (AQI) di Phuket dilaporkan menembus angka 158. Berdasarkan skala AQI, 0-50 menunjukkan kualitas udara baik, 51-100 menengah, 101-200 tidak sehat, 201-300 sangat tidak sehat, dan 301 ke atas berarti berbahaya.

Menurut Charn, kabut asap lebih pekat di daerah pantai ketimbang kawasan kota Phuket. Ia pun mengimbau warga untuk selalu memakai masker ketika keluar dari ruangan.


Ia juga meminta warga untuk selalu memastikan pintu dan jendela tertutup rapat sebelum meninggalkan rumah atau ruangan lainnya.
Selain Phuket, kawasan selatan Thailand juga terperangkap kabut asap dari Indonesia. Asap tebal dilaporkan terlihat di distrik Hat Yai, Songkhla, di mana AQI mencapai 93.

Pihak berwenang dilaporkan sudah melakukan operasi semprot air di sekitar area yang terkena kabut asap sebagai upaya penanggulangan awal.

Tak hanya Thailand, kabut asap akibat karhutla di Indonesia juga sebelumnya dilaporkan sudah mencapai Malaysia dan Singapura.

Begitu pekat kabut asap tersebut, Malaysia sampai-sampai menutup ratusan sekolah pada pekan lalu. Namun memasuki pekan ini, pemerintah Malaysia dilaporkan sudah kembali membuka sebagian sekolah tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Direktur Dinas Pendidikan Federal, Maznah Abu Bakar, mengatakan ada 296 sekolah di Kuala Lumpur yang akan kembali melanjutkan kegiatan belajar mengajar pada hari ini.

Sementara itu, menurut Direktur Dinas Pendidikan Putrajaya, Farizah Ahmad, 25 sekolah yang ada di sana juga akan kembali dibuka hari ini.

Selain itu, 399 sekolah di Penang juga akan memulai kegiatan belajar mengajar setelah pekan lalu diliburkan akibat kabut asap. (has/has)