Wakili Jokowi di Sidang PBB, JK Diundang Trump Makan Malam

CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 16:18 WIB
Wakili Jokowi di Sidang PBB, JK Diundang Trump Makan Malam Wakil Presiden Jusuf Kalla. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan akan menghadiri undangan jamuan makan malam Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Latte New York Palace Hotel di sela-sela rangkaian Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pekan ini.

Juru bicara JK, Husain Abdullah, mengatakan JK akan mewakili Presiden Joko Widodo untuk memimpin delegasi Indonesia dalam majelis umum PBB ke-74 ini.


"Di sela rangkaian sidang umum PBB, JK dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara dan akan menghadiri jamuan santap malam undangan Presiden Donald Trump di Latte New York Palace Hotel," kata Husain melalui pernyataan pada Senin (23/9).


Meski begitu, Husain tak menjelaskan kapan jamuan makan malam itu akan berlangsung. Ia juga tak merinci pemimpin negara mana saja yang akan melakukan pertemuan bilateral dengan JK selama rangkaian pertemuan itu berlangsung.

[Gambas:Video CNN]

Namun, di New York, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menuturkan sejauh ini JK dijadwaklan akan menghadiri 25 pertemuan selama rangkaian Majelis Umum PBB.

Sekitar 100 pemimpin, tiga wakil presiden, 47 perdana menteri, 36 menteri dan dua pemimpin delegasi dari total 193 negara anggota PBB akan hadir dalam sidang majelis umum bertemakan "Galvanizing Multilateral Efforts for Poverty Eradication, Quality Education, Climate Action and Inclusion" ini.


Selain Retno, sejumlah menteri seperti Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan turut mendampingi JK dalam rangkaian pertemuan tersebut. (rds/dea)