FOTO: Agen Perjalanan Thomas Cook Bangkrut, Turis Telantar

AFP, AP, CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 21:45 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan ribu turis telantar karena agen perjalanan raksasa asal Inggris, Thomas Cook, bangkrut setelah gagal dapatkan pinjaman untuk membayar utang perusahaan.

Jutaan pelanggan dan ribuan karyawan, serta mitra perusahaan terkena dampak Thomas Cook bangkrut. (Photo by Tolga Akmen / AFP)
Otoritas Penerbangan Sipil Inggris (CAA) bersama pemerintah setempat akan bekerja sama dalam dua pekan ke depan untuk memulangkan lebih dari 150 ribu warga negara Inggris yang sedang berlibur, namun penerbangannya terpaksa batal karena Thomas Cook bangkrut. (Photo by JAIME REINA / AFP)
Saat ini, terdapat sekitar 600 ribu turis yang sedang berlibur dan menggunakan jasa Thomas Cook. (Photo by ELIZABETH RUIZ / AFP)
Sekitar 50 ribu wisatawan terdampar di Yunani, terutama di sejumlah pulau resor seperti Pulau Zakynthos, Kos, Corfu, Skiathos, dan Kreta. Sebagian besar turis tersebut merupakan warga negara Inggris. (AP Photo/Francisco Ubilla)
Menteri Pariwisata Yunani, Harry Theoharis, menuturkan pemerintah Inggris telah menggelar operasi pemulangan bagi para warganya yang tengah berpergian dan terdampar di luar negeri akibat hal ini. (Photo by Erika SANTELICES / AFP)
Ia mengatakan pihak berwenang Yunani juga telah memesan penerbangan tambahan yang akan berangkat dari Bandara Internasional Yunani untuk memastikan para turis asing bisa pulang ke negara asal. (AP Photo/Francisco Ubilla)
Thomas Cook menyatakan bangkrut setelah gagal mendapat pinjaman. Perusahaan terpaksa gulung tikar karena terlilit utang hingga 1,7 miliar poundsterling. (AP Photo/Francisco Ubilla)
Pada Mei lalu, Thomas Cook mengalami kerugian besar akibat ketidakpastian Brexit yang mengakibatkan para turis menunda pemesanan liburan musim panas. Thomas Cook membukukan penjualan tahunan sebesar 9 miliar poundsterling, dan melayani 19 juta pelanggan di 16 negara. (Photo by Tolga Akmen / AFP)