Rusia Berhasil Uji Coba Kh-35, Rudal Jelajah Kapal Perang

CNN Indonesia | Jumat, 27/09/2019 15:34 WIB
Rusia Berhasil Uji Coba Kh-35, Rudal Jelajah Kapal Perang Ilustrasi. (Defense Ministry/Yonhap via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Militer Rusia dilaporkan berhasil melakukan uji coba rudal kapal Kh-35, peluru kendali yang terpasang pada salah satu kapal armada militer di Pasifik, kapal korvet Smerch.

Departemen urusan pers dari Armada Rusia di Pasifik (Russian Pacific Fleet) melaporkan rudal Kh-35 berhasil menghantam sejumlah target di permukaan laut dengan jarak lebih dari 50 kilometer dari kapal perangnya.


"Rudal jelajah Kh-35 berhasil mengenai target di permukaan laut yang melayang pada jarak lebih dari 50 kilometer dari kapal dalam waktu yang ditentukan," bunyi pernyataan armada tersebut seperti dikutip kantor berita TASS pada Kamis (26/9).


Armada tersebut menuturkan sebanyak 10 kapal perang dan beberapa kapal tambahan serta pesawat militer lainnya terlibat dalam latihan tempur itu.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, kapal korvet Smerch juga telah menggelar latihan menembak di Teluk Peter untuk menguji coba senjata AK-176MA 76mm otomatis yang baru dan sebuah sistem artileri otomatis modern AK-630 30mm.

Sejumlah pembaruan terus dilakukan pada kapal korvet rudal Smerch ini sejak 2017 lalu, salah satunya mengganti sistem rudal Malakhit dengan rudal jelajah Uran.


Kini, kapal Smerch memiliki sejumlah sistem dan peralatan senjata yang lebih canggih. Kapal tersebut direncanakan untuk bergabung dengan pasukan siaga konstan Armada Rusia di Pasifik pada akhir 2019 ini. (rds/dea)