Hujan Muson Terjang India, 100 Orang Tewas

CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 20:00 WIB
Hujan Muson Terjang India, 100 Orang Tewas Ilustrasi. (Reuters/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya 100 orang tewas akibat terjangan hujan muson yang melanda kawasan utara India selama tiga hari belakangan terhitung hingga Senin (30/9).

Seorang pejabat dari badan tanggap bencana India, M Ramachandru, mengatakan bahwa daerah dengan korban paling banyak adalah Kota Patna di negara bagian Bihar, di mana 27 orang tewas.

Sementara itu, 63 orang lainnya dilaporkan tewas akibat hujan deras dan angin kencang di berbagai penjuru di negara bagian Uttar Pradesh.
Pihak berwenang India memperingatkan bahwa hujan lebat masih akan mengguyur bagian utara negara itu. Mereka bahkan menyatakan bahwa akhir September ini akan menjadi momen paling basah dalam 100 tahun belakangan.


"Patna saja sudah memecahkan rekor dengan curah hujan 226 milimeter sejak Jumat lalu," ujar Ramachandru kepada AFP.

Sementara itu, kawasan selatan India hingga barat negara bagian Gujarat juga sudah mulai diguyur hujan deras.
Departemen Meteorologi India (IMD) memprediksi hujan lebat akan terjadi di 15 negara bagian. Akhir September pun diperkirakan bakal menjadi periode terbasah sejak 1917.

"Tak ada pertanda peredaan hujan setidaknya selama empat hingga lima hari ke depan," ujar seorang pejabat IMD, Mrutyunjay Mohapatra.

Hujan muson sendiri biasanya mengguyur wilayah Asia mulai Juli hingga September setiap tahun. Pada Juli tahun ini, hujan muson di India, Nepal, Bangladesh, dan Pakistan secara keseluruhan merenggut 650 nyawa. (has/has)