Jelang HUT China, Xi Jinping Bersumpah Pertahankan Hong Kong

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 07:05 WIB
Jelang HUT China, Xi Jinping Bersumpah Pertahankan Hong Kong Presiden China, Xi Jinping, bersumpah bakal terus mempertahankan Hong Kong meski kawasan itu menyerukan pembebasan diri dalam demonstrasi tiga bulan belakangan. (Reuters/Thomas Peter)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden China, Xi Jinping, bersumpah bakal terus mempertahankan Hong Kong di bawah sistem "satu negara, dua sistem" meski kawasan tersebut sudah menyerukan pembebasan diri dalam demonstrasi tiga bulan belakangan.

Berbicara dalam upacara semalam sebelum perayaan hari jadi China ke-70, Xi menyatakan bahwa negaranya bakal "terus menerapkan prinsip 'satu negara, dua sistem' dan menjamin otonomi tingkat tinggi" di Hong Kong.

"Kami yakin dengan dukungan penuh dari kawasan pusat dan upaya gabungan dari warga China di Hong Kong dan Macau yang cinta negaranya, [Hong Kong] akan berjaya dan berkembang bersama kawasan pusat," ujar Xi sebagaimana dikutip AFP.
Sementara Xi menyampaikan pidatonya, demonstran di Hong Kong tetap merencanakan aksi saat China merayakan hari jadi ke-70 pada Selasa (1/10). Namun, pemerintah Hong Kong sudah menolak izin aksi mereka.


Pemerintah Hong Kong sendiri sudah mempersiapkan berbagai acara untuk merayakan HUT China. Menurut Xi, tema ulang tahun China kali ini adalah pertumbuhan ekonomi dan penguatan persatuan dan nasionalisme.

"Persatuan adalah besi dan baja. Persatuan adalah sumber kekuatan," ucap Xi dalam pidatonya.

[Gambas:Video CNN]
Tak hanya Hong Kong, Xi juga menyinggung Taiwan. Meski sudah memiliki pemerintahan sendiri, Taiwan dianggap China sebagai wilayahnya yang menanti reunifikasi.

"Reunifikasi penuh dengan kawasan pusat merupakan hal yang tak terbantahkan. Tak ada seorangpun atau pasukan apa pun yang dapat menghentikannya," ucap Xi.

China sendiri sudah bersolek menjelang perayaan hari jadi mereka yang ketujuh dekade. Pada siang nanti, Xi akan mengawasi langsung parade militer besar-besaran di Tiananmen Square. (has/has)