China Bersiap Gelar Parade Militer Terbesar Sepanjang Sejarah

CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 08:00 WIB
China Bersiap Gelar Parade Militer Terbesar Sepanjang Sejarah Kala warga Beijing terlelap, puluhan ribu tentara sudah bersiap di Tiananmen Square untuk menggelar parade militer terbesar sepanjang sejarah China. (AFP Photo/Greg Baker)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika kebanyakan warga Beijing masih terlelap, puluhan ribu tentara, polisi, jurnalis, dan pejabat sudah bersiap di Tiananmen Square untuk menggelar salah satu parade militer terbesar sepanjang sejarah China pada Selasa (1/10).

The Straits Times melaporkan bahwa ruas-ruas jalan di sekitar Tiananmen sudah ditutup sepanjang malam, sementara tank-tank berdatangan.

Jurnalis diminta berkumpul di Forbidden City pukul 04.30. Mereka lantas akan diantar menggunakan bus menuju Tiananmen Square, di mana parade militer perayaan hari jadi China ke-70 itu akan dihelat.
Beberapa jam sebelum parade dimulai, tentara masih terus melakukan latihan, sementara sejumlah kru stasiun televisi mulai pasang badan mencari tempat terbaik untuk mengambil gambar.


Di sekitar mereka, berdiri sejumlah personel keamanan yang bakal memastikan parade perayaan 70 tahun China berdiri tersebut berjalan lancar.

Di lapangan bersejarah itu, Xi Jinping akan menyaksikan langsung 15 ribu tentara berarak memamerkan 580 alutsista mutakhir sementara 160 pesawat menderu di udara.
Menurut laporan AFP, parade kali ini akan menarik perhatian dunia karena China diperkirakan bakal memamerkan alutsista mutakhir mereka, termasuk kemungkinan Dongfeng 41, rudal balistik yang dapat mencapai wilayah Amerika Serikat dalam waktu 30 menit.

Tak hanya militer, parade ini juga bakal diramaikan dengna penampilan 100 ribu warga sipil dengan berbagai latar belakang, mulai dari petani, guru, hingga dokter dan pelajar.

[Gambas:Video CNN]
Mereka semua siap merayakan 70 tahun China berdiri setelah Partai Komunis di bawah pimpinan Mao Zedong berhasil mengalahkan Partai Nasionalis dalam perang sipil pada 1949 silam.

Dalam kurun waktu 70 tahun, China tumbuh menjadi negara makmur dan disegani dunia. Mereka bahkan menempati urutan kedua negara dengan perekonomian terbesar secara global. (has/has)