FOTO: Pawai dan Parade Militer di HUT ke-70 China

AP & AFP, CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 18:16 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Hari jadi ke-70 Republik Rakyat China dihelat dengan parade militer besar-besaran.

Republik Rakyat China memperingati hari jadi ke-70 pada Selasa (1/10). Mereka menggelar parade alutsista dan militer di Lapangan Tiananmen. (Photo by GREG BAKER / AFP)
Pawai ini dilaporkan menjadi salah satu parade militer terbesar sepanjang sejarah China. (AP Photo/Ng Han Guan)
Presiden China, Xi Jinping, menyaksikan langsung parade 15 ribu tentara, 580 alutsista mutakhir dan atraksi 160 pesawat tempur. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Presiden Xi Jinping menegaskan Hong Kong, Makau, dan Taiwan adalah wilayah kedaulatan China. Selain menegaskan kembali kebijakan Satu China, Xi juga menuturkan tidak ada kekuatan asing yang dapat menggoyahkan fondasi bangsa China. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Parade ini juga diramaikan dengan penampilan 100 ribu warga sipil dengan berbagai latar belakang, mulai dari petani, guru, hingga dokter dan pelajar. (Photo by Greg BAKER / AFP)
Ruas-ruas jalan di sekitar Tiananmen sudah ditutup sepanjang malam untuk mensterilkan kawasan itu saat parade. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Kekuatan militer China juga menjelma menjadi salah satu yang terbesar dan terkuat. Mereka bahkan sudah membuat secara mandiri jet tempur mutakhir dan kapal perang. (AP Photo/Ng Han Guan)
Sejumlah warga China di Beijing mengabadikan parade militer itu menggunakan gawai masing-masing. (Photo by HECTOR RETAMAL / AFP)
Parade kali ini akan menarik perhatian dunia karena China memamerkan alutsista mutakhir mereka, termasuk kemungkinan Dongfeng 41, rudal balistik yang dapat mencapai wilayah Amerika Serikat dalam waktu 30 menit. (AP Photo/Andy Wong)
Dalam kurun waktu 70 tahun, China tumbuh menjadi negara makmur dan disegani dunia. Mereka bahkan menempati urutan kedua negara dengan perekonomian terbesar secara global. (Photo by GREG BAKER / AFP)