Tiga WNI Ditemukan Tewas Tertimpa Jembatan Ambruk di Taiwan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 02/10/2019 22:38 WIB
Tiga WNI Ditemukan Tewas Tertimpa Jembatan Ambruk di Taiwan Jembatan ambruk di Taiwan menewaskan tiga orang WNI. (Sam YEH / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga warga negara Indonesia (WNI) tewas tertimpa jembatan ambruk di Nanfang'ao, Yilan, Taiwan, pada Selasa (1/10). Sebelumnya dikabarkan dua WNI ditemukan tewas.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Joedha Nugraha mengatakan dalam operasi pencarian pihak berwenangan setempat, satu WNI yaitu anak buah kapal yang sebelumnya hilang telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.


"Dengan demikian, seluruhnya tiga WNI ABK yang hilang telah ditemukan," kata Joedha dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (2/10).


"KDEI Taipei dan Kemlu RI akan fasilitasi repatriasi dan pemenuhan hak-hak ketenagakerjaan para korban," tambahnya.

Joedha menyebutkan identitas korban meningggal yaitu, Wr usia 29 tahun asal Cirebon; Er usia 32 tahun asal Indramayu; dan MD usia 28 tahun asal Pemalang. Selain tiga orang meninggal dunia, empat WNI lainnya mengalami luka-luka dalam kejadian tersebut.

Kedua jenazah WNI sebelumnya telah dievakuasi ke Rumah Sakit Veteran di Yilan. Joedha memastikan bahwa Kantor Dagang Ekonomi Indonesia di Taipei akan terus berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat.


Sebelumnya, Joedha mengatakan secara keseluruhan, ada tujuh WNI yang menjadi korban dalam insiden tersebut. Dengan konfirmasi ini, seluruh WNI kini telah ditemukan.

Jembatan di Taiwan tersebut ambruk pada Selasa sekitar pukul 09.30 waktu setempat. Insiden ini bermula ketika sebuah truk tangki bahan bakar minyak tengah melintas di atas jembatan itu.

Sesaat sebelum mencapai ujung jembatan, truk itu mendadak mundur dan akhirnya jatuh bersama dengan jembatan yang roboh.

Sejumlah kapal nelayan yang berada di bawah jembatan tertimpa reruntuhan. Menurut juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran, Su Hong-wei, truk tangki itu menimpa tiga kapal nelayan.

Rekaman CCTV yang beredar memperlihatkan detik-detik jembatan tunggal setinggi 140 meter itu runtuh dan menimpa setidaknya tiga perahu nelayan yang tengah berlayar di bawahnya.

Truk tanker pun langsung terbakar tak lama setelah jatuh bersama jembatan yang ambruk hingga menyebabkan asap pekat hitam mengepul ke udara.


[Gambas:Video CNN] (pmg/pmg)