Malaysia Tahan 4 Orang Terkait Pembunuhan Gajah Kalimantan

CNN Indonesia | Kamis, 03/10/2019 09:33 WIB
Malaysia Tahan 4 Orang Terkait Pembunuhan Gajah Kalimantan Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Malaysia menahan empat orang dan menyita sejumlah senjata terkait penyelidikan pembunuhan satu gajah kerdil Kalimantan.

"Kami menahan empat tersangka untuk membantu penyelidikan kami," ujar seorang petugas kepolisian senior, Peter Umbuas, seperti dikutip AFP.

Menurut Peter, keempat orang tersebut terdiri dari tiga warga Malaysia dan satu pihak asing. Mereka ditahan dalam operasi di Tawau, di mana petugas juga menyita senapan buatan dan sejumlah peluru.
Peter mengatakan bahwa potongan tubuh gajah tersebut ditemukan terikat di pohon di negara bagian Sabah, Malaysia, pekan lalu.


Saat ditemukan, gading gajah tersebut sudah tidak ada. Kini, kepolisian pun melakukan operasi pencarian gading tersebut.

Sementara operasi pencarian terus berlanjut, kepolisian menggali informasi dari keempat tersangka yang ditangkap.

[Gambas:Video CNN]
Menurut Peter, keempat orang itu akan diinterogasi di bawah undang-undang lingkungan hidup yang melarang perburuan gajah kerdil. Jika terbukti bersalah, mereka terancam hukuman denda atau penjara hingga lima tahun.

Selain itu, mereka juga akan diadili berdasarkan undang-undang yang melarang kepemilikan senjata imitasi.

Insiden ini terjadi di tengah kekhawatiran akan keberadaan gajah kerdil yang kini kian langka. Saat ini, hanya ada 1.500 gajah kerdil di Kalimantan. (has)