FOTO: Demonstrasi Rusuh di Irak, Puluhan Orang Tewas

AP & AFP, CNN Indonesia | Jumat, 04/10/2019 19:26 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Gelombang unjuk rasa merebak di Irak selama tiga hari terakhir. Aksi unjuk rasa itu telah menewaskan puluhan orang.

Ribuan pengunjuk rasa bentrok dengan polisi antihuru-hara di ibu kota Irak dan di selatan negara tersebut, Kamis (3/10). Pada hari ketiga demonstrasi itu, jumlah massa aksi yang tewas sebanyak 28 orang. (AP Photo/Hadi Mizban)
Mereka datang untuk melampiaskan amarah terhadap korupsi, pengangguran, dan layanan buruk oleh pemerintah di bawah Perdana Menteri Adel Abdel Mahdi. (AP Photo/Hadi Mizban)
Saat senja, massa aksi makin bertambah di sekitar kementerian perminyakan dan industri ibu kota. Mereka menyatakan akan mendatangi Lapangan Tahrir yang dijadikan simbol ibu kota. (AP Photo/Khalid Mohammed)
Sebagian besar demonstran membawa bendera Irak, sementara yang lain mengibarkan bendera bertuliskan nama Hussein, cucu Nabi Muhammad dan tokoh yang dihormati dalam Islam Syiah. (Photo by Hussein FALEH / AFP)
Pemerintah Irak menerapkan larangan berpergian keluar layaknya jam malam di Ibu Kota Baghdad menyusul demonstrasi selama dua hari terakhir yang berlangsung rusuh. (Photo by AHMAD AL-RUBAYE / AFP)
Selama tiga hari demonstrasi sedikitnya 28 orang tewas, termasuk dua petugas polisi, dan lebih dari 1.000 orang terluka. (Photo by AHMAD AL-RUBAYE / AFP)
Sementara lebih dari setengah jumlah mereka yang tewas dalam tiga hari terakhir berada di kota Nasiriyah, di mana enam demonstran ditembak mati dan belasan lainnya terluka pada Kamis. (AHMAD AL-RUBAYE / AFP)
Kemarahan massa tak jauh dari kota itu juga mengalami pertumpahan darah yang signifikan. Petugas medis dan sumber keamanan melaporkan sedikitnya empat pemrotes tewas pada Kamis (3/10). (AP Photo/Hadi Mizban)