Anwar Pastikan Mahathir Serahkan Jabatan PM Pertengahan 2020

CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 00:02 WIB
Anwar Pastikan Mahathir Serahkan Jabatan PM Pertengahan 2020 Presiden Partai Keadilan Rakyat, Anwar Ibrahim, memastikan Mahathir Mohamad akan menyerahkan jabatan PM Malaysia kepadanya pada pertengahan 2020 mendatang. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, memastikan Mahathir Mohamad akan menyerahkan jabatan Perdana Menteri Malaysia kepadanya pada pertengahan 2020 mendatang.

"Tahun depan, 2020, sekitar pertengahan tahun," kata Anwar seusai mengikuti tahlilan 28 hari kepergian mendiang Presiden RI Ke-3 BJ Habibie di Jakarta pada Rabu (9/10).
Anwar mengatakan bahwa penyerahan kekuasaan itu sesuai dengan kesepakatan dia dan Mahathir sebelum gelaran pemilihan umum Malaysia Mei 2018 lalu.

Ia enggan membeberkan tepatnya bulan dan tanggal pengambilalihan jabatan PM itu akan berlangsung. Namun, pemimpin koalisi berkuasa Pakatan Harapan itu menegaskan bahwa rencana tersebut tetap berjalan sesuai kesepakatan.


Persoalan transisi kekuasaan dari Mahathir kepada Anwar kembali mencuat belakangan ini, sebab tidak ada kerangka waktu yang jelas mengenai kapan proses itu harus berlangsung. 
Semasa kampanye pemilu tahun lalu, Mahathir dan Anwar sepakat bersatu dalam koalisi Pakatan Harapan untuk mengalahkan mantan Perdana Menteri, Najib Razak, dan koalisi berkuasa saat itu, Barisan Nasional.

Karena saat itu Anwar masih berada di penjara, Mahathir berjanji akan menjadi PM sementara jika menang pemilu. 

[Gambas:Video CNN]
Sebagai gantinya, Mahathir berjanji akan menyerahkan jabatannya kepada Anwar dalam dua tahun pascapemilu. Namun, perjanjian keduanya tak secara detail menjelaskan waktu pasti transisi jabatan itu akan berlangsung.

Pada Februari lalu, Anwar berharap bisa segera mengemban jabatan itu dalam waktu tidak lebih dari dua tahun. Meski begitu, Anwar menuturkan Mahathir tetap perlu diberikan waktu dan ruang yang cukup untuk memerintah Malaysia secara efektif. (rds/has)