FOTO: Amarah Penduduk Ekuador Tolak Kenaikan Harga BBM

Associated Press & AFP, CNN Indonesia | Kamis, 10/10/2019 17:40 WIB

Ekuador, CNN Indonesia -- Ekuador dirundung demo rusuh selama sepekan terakhir akibat dipicu kenaikan harga bahan bakar minyak.

Ribuan demonstran menggelar unjuk rasa besar-besaran di Ekuador pada Rabu (10/10). Mereka murka karena kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak. (AP Photo/Carlos Noriega)
Aksi demo itu berakhir dengan bentrokan antara polisi dan massa pengunjuk rasa. Massa suku asli menuntut bantuan bagi petani yaitu irigasi, pemberian pinjaman, dan bantuan teknis lain. (Photo by Martin BERNETTI / AFP)
Pemerintah Ekuador berdalih hal kenaikan harga BBM dilakukan supaya bisa mendapatkan pinjaman dari Dana Moneter Dunia (IMF). Padahal, utang mereka sudah menumpuk. (AP Photo/Carlos Noriega)
Bentrokan dengan aparat terjadi saat massa mencoba merangsek ke kompleks pemerintah di Ibu Kota Quito. (Photo by Martin BERNETTI / AFP)
Aksi itu mulanya berjalan damai, tetapi berubah menjadi kerusuhan. Mereka yang terlibat demonstrasi mulai dari massa serikat buruh sampai persatuan warga asli setempat. (Photo by Rodrigo BUENDIA / AFP)
Palang Merah Ekuador bahkan memutuskan menghentikan layanan darurat karena paramedis dan ambulans mereka turut diserang. (AP Photo/Fernando Vergara)
Presiden Ekuador, Lenin Moreno, memutuskan memindahkan pusat pemerintahan dari Quito ke Guayaquil akibat demo besar-besaran itu. (AP Photo/Fernando Vergara)
Militer Ekuador sudah memperingatkan penduduk supaya tidak melanjutkan aksi demo rusuh dan berbuat kejahatan lain. (Photo by Martin BERNETTI / AFP)
Presiden Moreno menyatakan tengah menggelar perundingan dengan penduduk setempat untuk meredam aksi demo. (Photo by Martin BERNETTI / AFP)
Presiden Moreno menuduh pendahulunya dan tersangka korupsi Rafael Correa berada di balik aksi itu. Namun, Correa membantah tuduhan tersebut. (Photo by Martin BERNETTI / AFP)