Kilas Internasional

Trump Pindahkan Pentolan ISIS hingga Penembakan Yahudi Jerman

CNN Indonesia | Jumat, 11/10/2019 06:30 WIB
Trump Pindahkan Pentolan ISIS hingga Penembakan Yahudi Jerman Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (SAUL LOEB / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump pastikan pentolan ISIS yang ditahan di basis Kurdi di timur laut Suriah dipindahkan ke tahanan AS sebelum Turki melancarkan serangan hingga penembakan di Sinagoge Yahudi di Jerman tersiar langsung meramaikan berita internasional pada Kamis (10/10).

1. Trump Pastikan Tokoh ISIS Berbahaya Dipindahkan dari Suriah

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memastikan bahwa militan ISIS berbahaya yang ditahan di basis Kurdi di timur laut Suriah telah dipindahkan ke tahanan AS sebelum Turki melancarkan serangan.


Turki meluncurkan serangan besar-besaran ke wilayah yang dikuasai Kurdi di Suriah timur laut pada Rabu (9/10) waktu setempat, menandakan dimulainya operasi militer di perbatasan Turki-Suriah.


2. Bom Perang Dunia II Meledak Saat Dijinakkan, 2 Tentara Tewas

Dua tentara Polandia tewas dan empat lainnya luka-luka akibat terkena ledakan bom era Perang Dunia II.


Dikutip dari AFP Rabu (9/10), pihak militer mengatakan ledakan itu terjadi di hutan dekat kota Kuznia Raciborska.

Menurut polisi, para tentara itu ditugaskan untuk menangani peluru artileri tua yang ditemukan beberapa hari sebelumnya oleh orang-orang yang berjalan di hutan.

3. Penembakan di Sinagoge Yahudi Jerman Tersiar Langsung

Penembakan maut yang terjadi di dekat sinagoge Yahudi di Kota Helle, Jerman, sempat tersiar secara langsung di Twitch, sebuah platform media sosial untuk live streaming video, selama 35 menit dan dilihat oleh sedikitnya 2.200 pengguna. Insiden yang terjadi pada Rabu (9/10) itu menewaskan tiga orang.

[Gambas:Video CNN]

"Pemilik akun menyiarkan langsung tragedi mengerikan itu secara langsung di Twitch selama 35 menit dan saat itu ditonton oleh setidaknya lima orang," kata Twitch melalui unggahannya di Twitter pada Kamis (10/10). (dea)