Ribuan Pemadam Kebakaran Prancis Demo Tuntut Naik Gaji

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 10:43 WIB
Ribuan Pemadam Kebakaran Prancis Demo Tuntut Naik Gaji Demonstrasi pemadam kebakaran di Paris, Prancis. (AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan anggota pemadam kebakaran di Prancis berunjuk rasa di Ibu Kota Paris. Mereka memprotes gaji yang dianggap terlalu rendah dan tidak sebanding dengan risiko pekerjaan yang harus mereka hadapi.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/10), aksi ini sudah berlangsung sejak dua pekan lalu. Unjuk rasa kemarin berakhir bentrok dengan polisi.


Para pemadam kebakaran itu turun ke jalan membawa sejumlah bendera dan mengenakan seragam, helm, masker dan sarung tangan. Mereka sempat mengajak sejumlah pemadam kebakaran di Paris untuk mogok, tetapi ditolak.


Alhasil, mereka memutuskan memblokir jalan. Menurut Presiden Serikat Pemadam Kebakaran Prancis, Andre Goretti, mereka sudah memprotes soal gaji dan tunjangan pensiun sejak Juni lalu, tetapi pemerintah tidak menanggapi tuntutan itu.

Para pemadam kebakaran yang mogok dan berunjuk rasa hanya bagi mereka yang profesional. Sedangkan untuk tenaga relawan dan pemadam di Paris dan Marseille yang merupakan tentara tidak turut serta dalam demonstrasi itu.

[Gambas:Video CNN]

Polisi lantas membubarkan aksi itu dengan menembakkan gas air mata di Place de la Nation. (ayp/ayp)