Depo Minyak di California Terbakar, Penduduk Diminta Waspada

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 12:31 WIB
Depo Minyak di California Terbakar, Penduduk Diminta Waspada Depo minyak di California, Amerika Serikat, terbakar. (Anda Chu/San Jose Mercury News via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah depo minyak milik perusahaan NuStar Energy LP di Crockett, California, Amerika Serikatterbakar pada Selasa (15/10) petang waktu setempat. Pemerintah setempat meminta 12 ribu penduduk yang tinggal dekat dengan depo itu untuk tidak beraktivitas supaya tidak terpapar asap kebakaran.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (16/10), menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Contra Costa, Kapten George Laing, sejumlah saksi menyatakan sempat mendengar sejumlah dentuman sebelum kejadian.


"Kejadian ini sangat cepat berubah. Kebakaran itu menyebabkan asap yang mengandung zat kimia," kata George.


Aparat menyatakan kebakaran mulanya terjadi di dua tangki penampungan pada pukul 14.00 waktu setempat. Namun, api menjalar ke tangki lainnya dan merembet ke rerumputan.

Tangki itu menampung cairan ethanol. Asap hitam pekat terlihat mengepul dari lokasi kejadian.

[Gambas:Video CNN]

"Saat ini ada tiga tangki yang terbakar," lata juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran Contra Costa, Steve Hill.

Dua kota yang berada di dekat lokasi kejadian, Crockett dan Valejo, meminta para penduduk untuk sementara tidak berkegiatan di luar supaya tidak terpapar asap akibat kebakaran itu. (ayp/ayp)