Barack Obama Serukan Dukungan terhadap Justin Trudeau

CNN Indonesia | Kamis, 17/10/2019 16:03 WIB
Barack Obama Serukan Dukungan terhadap Justin Trudeau PM Kanada Justin Trudeau dan Mantan Presiden AS Barack Obama. (Chris Roussakis / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama menyatakan mendukung Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang akan bertarung kembali dalam pemilu parlemen.

Dikutip Associated Press, Rabu (16/10), Obama mengutarakan kebanggaannya ketika bekerja bersama Trudeau. Di mata Obama, Trudeau merupakan sosok pekerja keras dan efektif, yang kerap menangani isu-isu besar seperti perubahan iklim.


"Dunia membutuhkan kepemimpinan progresifnya dan saya harap tetangga kami di [Amerika] utara mendukung untuk periode selanjutnya," tulis Obama dalam akun Twitter.


Trudeau kemudian membalas cuitan tersebut beberapa jam setelahnya. "Terima kasih temanku, kami sedang bekerja keras untuk terus berkembang," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]

Cuitan tersebut muncul menjelang pemilihan parlementer Kanada yang berlangsung pada Senin (21/10) pekan depan, di mana Trudeau akan menghadapi persaingan ketat.

Menurut profesor sejarah dan hubungan internasional Universitas Toronto, Robert Bothwell, saat ini Trudeau sedang menghadapi situasi sulit. Dia terancam kalah sehingga dukungan Obama diyakini bisa mendongkrak suara.



"Trudeau sedang berada dalam bahaya yang nyata. Jika saya adalah juru kampanye [Partai] Liberal, saya diam-diam akan menunjuk dukungan Obama dengan bangga. Saya tidak tahu apakah hal itu dapat dianggap sebagai masalah politik," ujarnya.

Sementara profesor ilmu politik Universitas Toronto, Nelson Wiseman, menilai dukungan Obama itu tidak akan berdampak besar pada hasil pemilihan.



"Faktanya, sebagian orang akan merasa hal itu merupakan gangguan asing yang tidak dapat dibenarkan dalam pemilihan di Kanada," ucap Nelson.

Ini bukan kali pertama Obama mengutarakan dukungan. Sebelumnya ia disebut mendukung Emmanuel Macron saat mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Prancis pada 2017 lalu.


Kemudian ia juga memberi peringatan kepada warga Inggris untuk tidak mendukung negaranya meninggalkan Uni Eropa.

Obama dan Trudeau memiliki hubungan cukup dekat ketika keduanya menjadi pemimpin negara. Belum lama ini, mereka sempat makan malam bersama di kota Ottawa.

Obama bisa dibilang populer di kalangan masyarakat Kanada. Bahkan partai Liberal yang dipimpin Trudeau sempat mempublikasikan pesan Obama di sebuah acara penggalangan dana.


Rival terberat Trudeau Andrew Scheer, mengaku tidak begitu peduli pada apa yang dikatakan pemimpin negara lain. Pemimpin partai Konservatif itu mempersilakan warga Kanada untuk menilai sendiri dukungan Obama tersebut. (fls/dea)