Murid SD di Thailand Lepas Sepatu Sebelum Masuk Minimarket

CNN Indonesia | Sabtu, 19/10/2019 04:40 WIB
Murid SD di Thailand Lepas Sepatu Sebelum Masuk Minimarket Ilustrasi anak sekolah dasar. (iStock/Sasiistock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekelompok siswa sekolah dasar di Thailand melepas sepatu sebelum masuk minimarket. Alasannya adalah untuk menghormati toko tersebut.

Seperti dilansir Asia One, Kamis (17/10), momen tersebut terjadi ketika rombongan siswa dan seorang guru pendamping bernama Chanawin Sonrayothin melakukan karyawisata untuk mengetahui suasana perkotaan mengingat mereka tinggal di sebuah wilayah pegunungan.


Dalam unggahan akun Facebook Sonrayothin, rombongan tersebut berhenti di sebuah minimarket karena sang guru ingin uang air. Sementara ia ke toilet, anak-anak dibiarkan mengeksplor ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.


Setelah selesai buang air, ia menjumpai beberapa pasang sepatu yang dirapikan di atas karpet pintu masuk toko dan melihat murid-murid masuk ke dalam tanpa alas kaki.

[Gambas:Video CNN]

Sonrayothin lantas bertanya apa alasan mereka melepas sepatu ketika memasuki toko. Para murid mengaku melakukan itu berdasarkan apa yang telah diajarkan oleh guru: menunjukkan rasa hormat kepada tempat tersebut.


Kisah ini telah dibagikan sejak 7 Oktober lalu dan disukai ratusan orang. Netizen yang melihat kisah ini memberikan berbagai pujian kepada para murid maupun guru tersebut.

Sebagian dari netizen memuji kesopanan para murid. Ada juga yang kagum akan kedisiplinan serta tingkah laku mereka. Mereka menyebut Sonrayothin bangga karena telah mengajarkan muridnya dengan baik.


Budaya melepaskan alas kaki ketika masuk ke dalam tempat tinggal merupakan pemandangan yang tidak umum bagi masyarakat Thailand maupun di beberapa negara lainnya. Namun melepas sepatu saat memasuki toko bukanlah hal biasa. (fls/dea)