Lawatan Perdana, Ma'ruf Akan Hadiri Penobatan Kaisar Jepang

CNN Indonesia | Minggu, 20/10/2019 16:18 WIB
Lawatan Perdana, Ma'ruf Akan Hadiri Penobatan Kaisar Jepang Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin memimpin doa bersama didampingi istri Wuri Estu Handayani Ma'ruf Amin beserta keluarga sebelum mengikuti upacara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Jakarta, Minggu (20/10/2019). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI menyatakan Wakil Presiden terpilih, Ma'ruf Amin, akan bertandang ke Jepang untuk mewakili Indonesia dalam penobatan Kaisar Naruhito, selepas dilantik hari ini, Minggu (20/10).

"iya benar informasinya pak Ma'ruf akan ke Jepang untuk hadiri penobatan Kaisar," kata pelaksana tugas juru bicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah, saat dihubungi CNNIndonesia.com.


Asisten Deputi Komunikasi dan Informasi Publik Sekretariat Wakil Presiden Rusmin Nuryadin membenarkan Ma'ruf akan bertandang ke Jepang besok sekitar pukul 10 pagi.

"Rencana besok pagi (Ma'ruf pergi ke Jepang). Tunggu rilis selengkapnya nanti," kata Rusmin.


[Gambas:Video CNN]

Penobatan Kaisar Naruhito akan menjadi kunjungan kenegaraan perdana Ma'ruf sebagai Wakil Presiden RI.

Naruhito sendiri telah diangkat sebagai Kaisar Jepang pada Mei lalu menggantikan sang ayah, Kaisar Akihito, yang memutuskan turun takhta.


Selain Ma'ruf, sejumlah petinggi negara juga akan menghadiri penobatan Kaisar Naruhito. Gelaran upacara tersebut sempat terancam tertunda setelah Jepang dihantam topan Hagibis pada pekan lalu.

Topan super dan terpanjang itu mengakibatkan hampir 80 orang tewas dan sejumlah wilayah di Jepang porak-poranda.


Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe juga menyatakan menunda parade penobatan Kaisar Naruhito karena pemerintah masih fokus untuk menangani situasi pascabencana. Meski begitu, penobatan resmi Kaisar Naruhito tetap digelar pada Senin (21/10) besok. (rds/dea)