Sindir Trump, Hillary Clinton Unggah Surat Parodi Kennedy

CNN Indonesia | Senin, 21/10/2019 10:29 WIB
Sindir Trump, Hillary Clinton Unggah Surat Parodi Kennedy Hillary Clinton mengunggah surat parodi John F. Kennedy untuk Soviet. Surat bohongan itu diunggah kala isi surat Donald Trump kepada Presiden Turki dicemooh. (Spencer Platt/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hillary Clinton mengunggah surat parodi dari Presiden John F. Kennedy untuk pemimpin Uni Soviet, Nikita Khrushchev. Surat banyol itu diunggah kala publik mencemooh isi surat Presiden Donald Trump kepada Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Surat dari program Jimmy Kimmel Live TV Show di ABC tersebut berisi parodi kelakar dari Kennedy untuk Khrushchev saat krisis rudal Kuba pada 1962.

"Jangan brengsek. Singkirkan rudal kalian dari Kuba," demikian isi surat bohongan dari Kennedy kepada Khrushchev tersebut.


"Semua orang akan berkata, 'Yay! Khrushchev! Anda yang terbaik!' Namun, jika Anda tidak melakukannya, semua orang akan berkata, 'Dasar brengsek,' dan menyebut negara sampah kalian sebagai 'Uni Soviet Cantengan.'"


Nada surat tersebut dianggap mirip dengan surat peringatan Trump untuk Erdogan. Dalam surat itu, Trump memperingatkan bahwa AS tak segan menghancurkan perekonomian Turki jika invasi Turki di Suriah semakin parah.

"Anda tidak mau bertanggung jawab atas kematian ribuan orang, dan saya tidak mau bertanggung jawab atas kehancuran perekonomian Turki, tapi saya akan melakukannya," tulis Trump.

Ketika surat itu pertama kali tersebar, sebagian orang menganggap tulisan itu palsu. Namun kemudian, Gedung Putih mengonfirmasi surat itu memang ditulis oleh Trump.

"Jangan sok kuat. Jangan bodoh. Saya akan menghubungi Anda lagi nanti," tulis Trump menutup surat tersebut.

[Gambas:Video CNN]
Cara Trump menutup surat tersebut juga dianggap mirip dengan korespondensi lawak yang dibuat tim kreatif Jimmy Kimmel.

Di akhir surat bercandaan itu tertulis, "You're really busting my nuts here. Give you a jingle later. Hugs, John Fitzgerald Kennedy."