Remaja China Cacat Mata Akibat Kecanduan Gim Ponsel

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 00:25 WIB
Remaja China Cacat Mata Akibat Kecanduan Gim Ponsel Ilustrasi gim di gawai. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang remaja di Guangdong, China mengalami cacat pada bola mata akibat kecanduan gim ponsel. Kondisinya semakin memburuk karena dia juga mengalami rabun jauh (miopi).

Seperti dikutip dari Asia One, Selasa (21/10), remaja berusia 15 tahun itu dilaporkan mengalami rabun jauh sejak lahir. Namun, pihak keluarga menyatakan remaja itu tidak mau menggunakan kacamata karena takut diejek teman sekolah.


Kondisinya semakin parah ketika remaja itu hanya bisa membaca hingga 15 sentimeter dari wajahnya. Akhirnya dia dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa.


Pemeriksaan tersebut mengungkapkan adanya kelainan pada struktur matanya. Bola matanya memanjang hingga 3,15 sentimeter. Ukuran itu lebih panjang 0,7 sentimeter dibanding rata-rata.

Tidak hanya ukuran matanya, hasil pemeriksaan juga menunjukkan rabun jauh pada kedua matanya melebihi tingkat paling tinggi, yaitu 1.200 derajat. Mata kanannya mengalami rabun jauh hingga 2.400 derajat dan mata kirinya hingga 2.300 derajat.

[Gambas:Video CNN]

Remaja itu kemudian menjalani pengobatan untuk memperlambat tingkat rabun jauh. Tim dokter mengatakan pengobatan ini juga dilakukan untuk mengurangi risiko terlepasnya retina akibat kecacatan bentuk bola mata. (fls/ayp)