Jatuh, Mantan Presiden AS Jimmy Carter Dilarikan ke RS

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 22:32 WIB
Jatuh, Mantan Presiden AS Jimmy Carter Dilarikan ke RS Presiden ke-39 AS, Jimmy Carter terjatuh di rumahnya dan dilarikan ke rumah sakit karena mengalami retak tulang pinggul, di usianya yang ke-95 tahun. (Drew Angerer/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter dilarikan ke rumah sakit setelah mengalami retak tulang panggul akibat jatuh di rumahnya di Georgia pada Senin (21/10) malam waktu setempat.

Kabar tersebut diumumkan oleh juru bicara Jimmy Carter melalui The Carter Center, Selasa (22/10). Kejadian jatuh ini merupakan kedua kalinya yang dialami oleh Presiden AS ke-39 tersebut.

"Mantan Presiden AS Jimmy Carter jatuh kemarin malam di rumahnya di Plains, Georgia. Dia telah dirawat di Phoebe Sumter Medical Center untuk pengamatan lebih lanjut dan perawatan fraktur minor tulang panggul," kata pernyataan pihak Jimmy Carter.


"Dia dalam semangat yang baik dan berharap bisa pulih di rumah," lanjut pernyataan tersebut.



Carter sebelumnya pernah jatuh pada 6 Oktober lalu, beberapa hari setelah ulang tahunnya yang ke-95 tahun. Akibat jatuh tersebut, matanya sempat lebam dan butuh 14 jahitan.

Namun kondisi tersebut tak menghalangi dirinya untuk tetap melanjutkan kegiatan dengan menghadiri acara pembukaan pembangunan Habitat for Humanity di Nashville, bersama istrinya Rosalynn yang berusia 92 tahun.

Jimmy Carter yang memimpin AS pada 1977 hingga 1981 itu sembuh dari kanker pada 2015 lalu dan melampaui George HW Bush sebagai presiden AS yang paling lama hidup dalam sejarah negara tersebut.


Carter tercatat sempat mengalami gangguan berjalan setelah menjalani prosedur penggantian pinggul pada Mei lalu. Namun dirinya cukup sehat untuk kembali mengisi Sekolah Minggu.

Jimmy Carter dan istrinya tercatat menjadi pasangan marital presidensial terlama dalam sejarah Amerika Serikat dengan lama perkawinan 73 tahun, melewati George dan Barbara Bush. (end)