Kebakaran Hutan di California, 50 Ribu Orang Dievakuasi

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 12:39 WIB
Kebakaran Hutan di California, 50 Ribu Orang Dievakuasi Ilustrasi kebakaran di California. (Dean Musgrove/The Orange County Register via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya 50 ribu orang dievakuasi dari Los Angeles pada Kamis (24/10), ketika kebakaran lahan dan hutan tak terkendali melalap California, Amerika Serikat.

"Kami mendesak semua orang untuk mengikuti evakuasi saat ini," ujar juru bicara departemen pemadam kebakaran AS sebagaimana dikutip AFP.
Petugas pemadam kebakaran menyatakan bahwa api pertama kali menyala di dekat Santa Clarita, sekitar 65 kilometer dari Los Angeles, pada sore hari.

Si jago merah dengan cepat merembet hingga menghanguskan 2.023 hektar lahan di sekitar Santa Clarita.


[Gambas:Video CNN]
Api juga melalap rumah-rumah dan bangunan lain. Akibatnya, petugas terpaksa menutup sejumlah ruas jalan demi memberikan ruang bagi 500 petugas untuk memadamkan api.

Kebakaran ini terjadi ketika California memang sedang dalam kondisi darurat karena angin kencang dan suhu udara tinggi. Dengan tingkat kelembaban yang juga rendah, kebakaran sangat mudah terjadi.

California sendiri merupakan salah satu daerah paling rawan kebakaran. Hampir setiap tahun, California dilanda kebakaran besar-besaran yang menyebabkan polusi udara tinggi. (has/has)