Usai Baghdadi, Jubir ISIS Dilaporkan Tewas di Suriah

CNN Indonesia | Senin, 28/10/2019 13:48 WIB
Usai Baghdadi, Jubir ISIS Dilaporkan Tewas di Suriah Ilustrasi. (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Juru bicara ISIS, Abu Hassan al-Muhajir, dilaporkan tewas dalam gempuran milisi Kurdi di Suriah (SDF) pada Minggu (27/10), tak lama setelah pemimpin kelompok militan tersebut, Abu Bakr Al-Baghdadi, disebut meninggal akhir pekan lalu.

"Al-Muhajir, tangan kanan Baghdadi dan juru bicara ISIS, menjadi target dalam serangan di Desa Ain al-Baydah dekat Jarablus, dalam operasi gabungan antara intelijen SDF dan tentara Amerika Serikat," ujar kepala SDF, Mazloum Abdi.
Koresponden AFP di Ain Al-Baydah melaporkan bahwa dua kendaraan menjadi target dalam serangan udara tersebut, yaitu satu truk dan satu truk besar bermuatan logam.

Ia mengaku melihat dua jasad tergeletak di luar truk pertama. Sementara itu, jenazah ketiga terlihat hangus terbakar di truk bermuatan logam.


Namun, koresponden AFP itu tak dapat mengidentifikasi serangan tersebut dilancarkan menggunakan pesawat atau drone.
Kelompok pemantau Syrian Observatory for Human Rights juga mengonfirmasi bahwa Muhajir merupakan salah satu dari lima anggota ISIS yang tewas dalam operasi gabungan AS dan SDF tersebut.

"Kami meyakini juru bicara ISIS, Al-Muhajir, berada di Jarablus untuk memfasilitasi Baghdadi menuju Efrata. Dua operasi pimpinan AS secara efektif mengenyahkan dua pemimpin tinggi ISIS," ucap juru bicara Observatory, Mustefa Bali.

Namun, Bali mengatakan bahwa, "Masih banyak yang bersembunyi di area yang sama."

[Gambas:Video CNN]
Kabar ini tersiar tak lama setelah Baghdadi dilaporkan tewas ketika operasi gabungan AS, Rusia, Suriah, Turki, dan Irak di barat laut Suriah pada akhir pekan lalu.

Seorang pejabat senior pertahanan AS menduga Baghdadi meledakkan diri menggunakan rompi yang sudah dipasangi bom saat serangan berlangsung. Kini, pihak berwenang tengah melakukan tes DNA dan biometrik untuk memastikan identitas Baghdadi. (has/has)