Bocah India Tiga Hari Terjebak di Sumur Sedalam 26 Meter

CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 09:28 WIB
Bocah India Tiga Hari Terjebak di Sumur Sedalam 26 Meter Ilustrasi jenazah. (Istockphoto/Fergregory)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang bocah laki-laki berusia dua tahun di Tamil Nadu, India, meninggal setelah terjebak selama lebih dari tiga hari di dalam sebuah sumur. Dikutip dari AFP, Selasa (29/10), korban bernama Sujith Wilson telah dievakuasi petugas setempat.

"Jasad korban telah diambil menggunakan peralatan khusus dan korban berada dalam kondisi membusuk," kata petugas setempat, S. Sivarasu.


Menurut Sivarasu jasad korban akan diautopsi untuk mengetahui penyebab kematian.


Wilson dilaporkan terjatuh ke dalam sebuah sumur dengan kedalaman 26 meter dan lebar 30 sentimeter saat bermain di dekat rumahnya di distrik Tiruchirappalli pada Jumat pekan lalu.

Upaya penyelamatan terhadap bocah tersebut telah dilakukan selama berhari-hari, di antaranya dengan menyediakan oksigen melalui sebuah pipa yang disalurkan ke dalam sumur dan memasang kamera pendeteksi suhu panas untuk mengetahui temperatur tubuh si bocah.

Tim petugas penyelamatan menuturkan bocah itu berada dalam kondisi tidak sadar meski sempat bernafas hingga Minggu pagi. Namun, mereka tidak dapat memastikan kondisinya setelah itu karena lokasi korban yang cukup dalam di sumur tersebut.

Para petugas kemudian mencoba menggunakan bor minyak untuk menggali sumur lebih dalam, tetapi kondisi tanah sumur yang berbatu mempersulit penggalian dan malah membuat bor rusak.

[Gambas:Video CNN]

Pada Sabtu (26/10) pekan lalu, mereka mencoba menggunakan mesin robot untuk menurunkan tali yang dapat mengaitkan pergelangan tangan bocah tersebut. Akan tetapi, upaya tersebut gagal.

Di sisi lain, para politikus melakukan doa bersama di lokasi kejadian. Perdana Menteri, Narendra Modi, dan pemimpin oposisi. Rahul Gandhi, juga ikut serta dalam mendoakan penyelamatan melalui unggahan dalam Twitter mereka ketika masyarakat berfokus pada kasus tersebut.

Wilson menjadi korban kedua selama empat bulan terakhir dalam kasus terjatuhnya seorang anak ke dalam sebuah sumur yang tidak digunakan di wilayah pedesaan di India.

Pada Juni lalu, seorang bocah berusia dua tahun meninggal setelah terjebak selama empat hari di dalam sebuah sumur di Punjab.

Jauh sebelum itu, seorang anak yang terjatuh di dalam sebuah sumur di Haryana berhasil diselamatkan setelah terjebak di dalam sumur sedalam 18 meter pada 2006 silam. Saat itu, korban terjebak selama 48 jam.


Sumur di sepanjang pedesaan di India umumnya sering digunakan sebagai sumber air utama bagi para petani dan masyarakat setempat. (fls/ayp)