Berenang di Australia, Kaki Turis Inggris Putus Diterkam Hiu

CNN Indonesia | Selasa, 29/10/2019 20:53 WIB
Berenang di Australia, Kaki Turis Inggris Putus Diterkam Hiu Ilustrasi ikan hiu. (Istockphoto/Peter_Nile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak dua turis asal Inggris mengalami nahas saat berlibur di Australia. Mereka diserang ikan hiu ketika berenang dan menyebabkan salah satu wisatawan kehilangan kaki.

Seperti dilansir AFP, Selasa (29/10), kedua turis itu masing-masing berusia 28 dan 22 tahun. Mereka sedang berenang di Hook Passage, Pulau Whitsundays, dekat gugus karang Great Barrier Reef.


Hiu menyerang keduanya ketika sedang berenang. Salah seorang turis yang berusia 28 tahun kehilangan kaki sebelah kanan.


Sedangkan pelancong yang berusia 22 tahun mengalami luka sobek yang cukup besar pada kaki kiri.

"Hiu menyerang seorang turis, dan diyakini hiu itu kemudian kembali menyerang," kata koordinator ambulans Queensland, Tracey Eastwick.

Keduanya selamat dalam kejadian itu dan dilarikan ke Rumah Sakit Mackay oleh tim penyelamat Queensland menggunakan helikopter dari Pantai Airlie.

[Gambas:Video CNN]

Mereka ditolong oleh dua paramedis asing yang juga sedang berlibur di atas kapal, dan segera dibawa ke darat.

Dalam tiga tahun belakangan dilaporkan sudah terjadi beberapa kali serangan hiu di Whitsundays. Padahal, lokasi itu dianggap aman untuk berenang.

Pada Januari lalu, seorang perempuan dan anaknya diduga diterkam hiu ketika berenang di Whitsundays. Kemudian pada tahun lalu, seorang lelaki tewas dan anak perempuan berusia 12 tahun kehilangan sebelah kakinya akibat serangan hiu secara terpisah.


Meski demikian, serangan hiu di Australia tetap jarang terjadi. Menurut data dari Kebun Binatang Taronga di Sydney, tercatat ada 27 kali serangan hiu pada 2018 di Australia. (ayp/ayp)