FOTO: Demonstran Libanon Adu Jotos dengan Pendukung Hizbullah

AP, AFP, CNN Indonesia | Rabu, 30/10/2019 14:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Demonstran Libanon merayakan pengunduran diri PM Saad Hariri di jalanan. Namun, mereka diadang oleh pendukung Hizbullah.

Ribuan warga Libanon tumpah ke jalanan merayakan pengunduran diri Perdana Menteri Saad Hariri. Namun, aksi mereka diadang oleh simpatisan Partai Hizbullah. (AP Photo/Hussein Malla)
Bentrokan antara demonstran dan pendukung Hizbullah akhirnya tidak terelakkan. Polisi yang berusaha menghalangi tidak bisa berbuat apa-apa. (AP Photo/Bilal Hussein)
Pendukung Hizbullah kemudian membakar tenda-tenda yang digunakan para demonstran untuk menutup jalanan di Ibu Kota Beirut. (AP Photo/Hussein Malla)
Meski demikian, demonstran yang sempat kabur kemudian kembali menyatukan kekuatan untuk menghadapi pendukung Hizbullah. (AP Photo/Hassan Ammar)
Baku hantam antara demonstran dan pendukung Hizbullah dikhawatirkan membuat situasi menjurus kepada konflik yang lebih besar. Demonstran sudah mendesak Hariri turun selama dua pekan. (AP Photo/Hassan Ammar)
Libanon adalah negara yang rentan pertikaian akibat perang sipil dan konflik sektarian sejak 1975 sampai 1990. Milisi-milisi itu kemudian membentuk partai politik yang kini menjalankan pemerintahan. (AP Photo/Bilal Hussein)
Demonstran murka karena krisis ekonomi yang menghantam negara itu belakangan semakin menyulitkan kehidupan. Apalagi Hizbullah sebagai faksi politik didukung oleh milisi terbesar dan terkuat di Libanon. (AP Photo/Hassan Ammar)
Warga berharap pengunduran diri Saad Hariri bisa membawa Libanon ke arah lebih baik. (AP Photo/Hussein Malla)
Meski begitu, peta politik Libanon yang rumit ditambah situasi yang sangat rentan konflik mengkhawatirkan banyak orang bahwa negara mereka bisa terjerumus kembali ke dalam pertikaian berdarah. (AFP)