Kebakaran Hutan California Masih Berkobar, Listrik Dipadamkan

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 02/11/2019 04:40 WIB
Kebakaran Hutan California Masih Berkobar, Listrik Dipadamkan Kebakaran hutan yang melanda California pada 27 Oktober 2019. (Foto: Jose Carlos Fajardo/Bay Area News Group/San Jose Mercury News via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran hutan kembali terjadi di beberapa titik di California pada Kamis (31/10) tengah malam. Kebakaran besar yang terjadi membuat warga harus dievakuasi dan aliran listrik pun dipadamkan.

Tiga titik kebakaran hutan terjadi di bagian selatan California. Beberapa rumah dilaporkan turut dilalap api.

Salah satu titik kebakaran berada di San Bernardino, sekitar 100 kilometer dari Los Angeles. Ada 46 ribu titik api di Riverside Country, lokasi kebakaran hutan yang terdekat dari San Bernardino.


Dilansir AFP, lokasi kebakaran hutan lainnya berada di Ventura yang mengancam dua kota pertanian kecil di sekitarnya. Lebih dari 7.000 orang dievakuasi setelah api melahap 5.000 hektare hutan di Ventura.

Badan Meteorologi AS mengeluarkan peringatan keras untuk sebagian besar wilayah Los Angeles dan Ventura hingga kondisi membaik.

"Hembusan angin hari ini tidak terlalu kencang di kebanyakan wilayah, ini menjadi kabar baik untuk petugas di lapangan," ungkap tim pemadam kebakaran.

Ratusan petugas pemadam kebakaran diterjunkan dengan melakukan pemadaman api dari udara di sejumlah titik kobaran api.

Petugas pemadam kebakaran di California utara melaporkan berhasil memadamkan api yang telah melahap lahan sejak 23 Oktober lalu dan merusak area kebun anggur di Sonoma County.

Kebakaran hutan yang terjadi tahun ini tercatat sebagai yang terparah sepanjang sejarah. Secara total api dilaporkan menghancurkan hampir 300 rumah, kebun anggur, dan hampir 77 ribu lahan.

Gubernur California Gavin Newsom menyatakan keadaan darurat di seluruh negara bagian akibat kebakaran hutan.

Kendati demikian hingga kini dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran hutan yang terjadi tahun ini.

[Gambas:Video CNN] (evn/evn)